Sukses

Visa Siap Bantu Startup di Asia Pasifik untuk Ekspansi Bisnis lewat Program Akselerator

Liputan6.com, Jakarta - Visa mengumumkan pembukaan Visa Accelerator Program untuk startup di Asia Pasifik yang ingin melakukan ekspansi bisnis ke negara lain.

Program yang akan memilih enam startup terbaik di kawasan ini akan berfokus menciptakan peluang komersial bagi para pelaku startup melalui kolaborasi dengan Visa dan jaringan mitra bank serta merchant Visa di Asia Pasifik.

"Dalam upaya Visa menjalin kerja sama dengan komunitas startup, kami sering melihat banyak perusahaan yang sukses di negara asalnya yang menghadapi tantangan saat hendak berekspansi ke beberapa negara lain," ujar Chris Clark, Regional President, Visa Asia Pasifik.

Chris meyakini Visa akan dapat membantu para startup terpilih merealisasikan rencana ekspansi bisnis mereka.

Visa Accelerator Program merupakan inisiatif baru dari rangkaian platform dan aktivitas yang dilakukan Visa untuk mendukung komunitas startup di Asia Pasifik.

Program ini berkomitmen mendukung ekspansi startup secara internasional dan karena itu, sangat cocok bagi startup yang telah meraih pendanaan Seri A atau lebih dan memiliki komitmen jangka panjang untuk berkembang dan beroperasi di kawasan Asia Pasifik, serta memiliki solusi yang terbukti dibutuhkan pasar.

2 dari 3 halaman

Startup yang dicari

Lewat program ini, Visa mencari startup yang ingin memberi solusi seperti berikut ini:

  • Memperluas akses perekonomian digital bagi konsumen dan badan usaha yang mungkin memiliki keterbatasan akses atau masih bergantung pada penggunaan uang tunai
  • Mendukung usaha kecil yang menghadapi kesulitan dalam mengejar ketertinggalan teknologi yang semakin berubah dan menghadapi dampak pandemi Covid-19
  • Memanfaatkan ekosistem open data yang bertumbuh di Asia Pasifik untuk mengembangkan layanan perbankan dan berbelanja yang lebih sesuai kebutuhan nasabah
  • Mengembangkan cara baru untuk memindahkan uang tanpa perlu bergantung pada kartu kredit dan debit

 

3 dari 3 halaman

Siap wujudkan potensi

Clark meyakini komunitas startup di Asia Pasifik mempunyai solusi yang fantastis. 

"Bagi Visa, hal yang terpenting adalah bagaimana kami dapat mendukung berbagai solusi tersebut dan mengembangkannya ke tahap di mana, hanya dalam waktu beberapa bulan, solusi tersebut dapat ditawarkan secara komersil kepada bank, perusahaan retail, atau perusahaan teknologi terkemuka di Asia Pasifik. Yang menjadi kekuatan utama Visa Accelerator Program adalah kami berfokus kepada sejumlah kecil perusahaan startup yang benar-benar siap mewujudkan potensinya," kata Clark menutup pernyataannya.