Sukses

Sistem Keamanan Informasi GoPay Raih Sertifikasi ISO 27001

GoPay terus menegaskan komitmen dalam menjaga sistem keamanan informasinya dengan meraih sertifikasi ISO 27001.

Liputan6.com, Jakarta - GoPay terus menegaskan komitmen dalam menjaga sistem keamanan informasinya dengan meraih sertifikasi ISO 27001.

ISO 27001 merupakan standar internasional dalam penerapan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS) Erna Damayanty, Presiden Direktur PT BSI Group Indonesia menyampaikan selamat atas keberhasilan GoPay dalam meraih sertifikat ISO 27001 tersebut.

"Pencapaian ini merupakan hasil kerja sama yang solid tim GoPay dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat umum secara luas," kata Erna dalam keterangan tertulis.

Di industri, Sistem Manajemen Keamanan Informasi merupakan salah satu best practice dasar telah diterapkan oleh banyak organisasi di berbagai negara di dunia dalam hal pengelolaan keamanan informasi. Karena itu, bagi organisasi seperti GoPay ini penting untuk memberikan kenyamanan bertransaksi secara aman bagi para penggunanya.

"Kami berharap pencapaian ini menjadi titik awal bagi tim GoPay untuk dapat meraih keberhasilan lainnya, khususnya dalam rangka menjaga sistem manajemen keamanan informasi di masa yang akan datang dan keberhasilan untuk pencapaian lainnya secara umum," kata Erna lebih lanjut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Peneliti

Sementara itu, peneliti di Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada Tony Seno Hartono menegaskan bahwa ISO 27001 penting untuk sebuah perusahaan teknologi.

"ISO 27001 adalah standar manajemen keamanan informasi yang telah diadopsi Indonesia menjadi standar nasional. Standar ini memastikan organisasi untuk memiliki metode yang sangat baik untuk mengelola semua risiko-risiko keamanan," tutur Seno.

Mantan petinggi perusahaan teknologi multinasional tersebut menyatakan tidak mudah untuk mendapatkan standar ini karena organisasi harus melalui proses audit cukup panjang yang melibatkan auditor resmi.

"Jika suatu perusahaan seperti GoPay mendapatkan sertifikasi ini, artinya memang perusahaan tersebut berkomitmen untuk mendorong keamanan informasi dan memberikan jaminan keamanan bagi konsumen," ujar Seno.

3 dari 3 halaman

Inisiatif Aman Bersama Gojek

Sebelumnya GoPay melalui inisiatif Aman Bersama Gojek terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga keamanan digital. Perusahaan mengimbau masyarakat menerapkan langkah JAGA dalam beraktivitas daring.

JAGA merupakan kependekan dari Jangan transfer di luar aplikasi, Amankan data pribadi, Gunakan identifikasi seperti verifikasi biometrik atau PIN untuk bertransaksi, dan segera Adukan hal mencurigakan kepada layanan pelanggan atau pihak berwenang jika menjadi korban kejahatan siber.

Selain inisiatif Aman Bersama Gojek, GoPay selalu mengembangkan teknologi dan mempertimbangkan segala opsi yang tersedia untuk sistem keamanan yang maksimal, salah satunya fitur identifikasi biometrik untuk memverifikasi transaksi GoPay di luar layanan Gojek. Fitur ini merupakan bagian dari Gojek SHIELD, sistem teknologi keamanan Gojek untuk menjaga pengguna dari risiko kejahatan siber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.