Sukses

Microsoft Pertimbangkan Boyong Aplikasi Android ke Windows pada 2021

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menambahkan aplikasi-aplikasi Android ke Windows pada 2021.

Langkah Microsoft mempertimbangkan boyong aplikasi Android ke Windows ini akan memungkinkan aplikasi-aplikasi Android dapat diunduh dan berjalan di perangkat Windows.

Laporan dari Windows Central menyebutkan, saat ini tengan terjadi pembicaraan di internal Microsoft mengenai kemungkinan di atas. Bahkan Microsoft mempertimbangkan apakah mungkin menambahkan aplikasi Android ke Windows 10.

Perombakan besar dari sistem operasi Microsoft ini disebut-sebut akan berlangsung pada Musim Gugur 2021 atau sekitar akhir tahun. Demikian dikutip dari XDA Developer, Jumat (27/11/2020).

Sekadar informasi, Microsoft pertama kali mengadopsi Android sebagai OS perangkat mobile-nya ketika Windows 10 Mobile ditinggalkan perusahaan pada 2017.

2 dari 3 halaman

Windows Your Phone

Perusahaan telah menawarkan versi seluler dari sebagian besar aplikasinya untuk Android.

Sementara, untuk pengguna Samsung, mereka bisa memakai aplikasi Windows Your Phone untuk menghubungkan dan mengoperasikan smartphone dengan laptop Windows.

Jika nantinya Microsoft benar menambah akses langsung ke aplikasi Android, hal ini bakal menjadi peningkatan besar untuk Windows 10.

3 dari 3 halaman

Saingan dengan Chromebook Milik Google

Pada gilirannya keputusan ini juga bisa menumbuhkan persaingan langsung dengan Google Chromebook. Pasalnya Chromebook bisa menjalankan ChromeOS, aplikasi Android, sekaligus paket Linux secara bersamaan.

Dengan akses ke browser Chrome dan rumor tentang adanya GUI untuk menjalankan Linux, penambahan aplikasi Android dinilai akan membuat Windows jadi OS yang universal.

(Tin/Isk)