Sukses

Google Hentikan Dukungan Group Video Call di Hangouts

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa tahun, Google membuat berbagai produk dan layanan, misalnya Google Hangouts. Sayangnya terkadang layanan yang begitu banyak dengan fungsi serupa membuat pengguna bingung.

Kemampuan untuk group video call misalnya, dulu hanya pada produk Google Hangouts.

Seiring perkembangan zaman, ada berbagai produk Google yang menyajikan kemampuan group video call. Misalnya lewat Google Meet dan Google Duo.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (26/11/2020), kini Google mematikan fitur group video call pada Hangouts. Nantinya, para pengguna yang ingin melakukan panggilan grup pun diarahkan ke Google Meet.

Para pengguna Google Hangouts yang membuka aplikasi, kini akan disambut dengan pesan pemberitahuan. Isinya adalah panggilan video grup harus dilakukan melalui Google Meet.

2 dari 3 halaman

Mulai Berpindah

Google juga menyoroti berbagai kemampuan Google Meet yang tak ada di Hangouts. Antara lain adalah kehadiran live caption dan screen sharing.

Tak heran kalau Google mulai mengarahkan pengguna Hangouts ke Meet. Pasalnya, perusahaan memang berusaha untuk mematikan operasional Hangouts pada akhirnya.

Google sebelumnya telah menyatakan akan menutup layanan Hangouts pada paruh pertama 2021.

Jadi, jika kamu merupakan pengguna Hangouts untuk chat atau group video call, mulailah untuk berpindah ke Google Meet untuk membiasakan diri dengan antarmuka dan fitur barunya.

3 dari 3 halaman

Sudah Diminta Pindah ke Google Meet

Pada Oktober lalu, Google dilaporkan akan mengalihkan pengguna dari Google Hangouts ke Google Chat mulai tahun depan.

Sebagai bagian dari perubahan tersebut, Chat, layanan perpesanan yang sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan berbayar Google Workspace (saat ini bernama G Suite), akan menjadi layanan gratis yang tersedia dalam Gmail dan aplikasi mandiri.

Mengutip laman The Verge, Jumat (16/10/2020), sebelum Hangouts dihilangkan, beberapa fiturnya akan mulai ditiadakan. Salah satunya dukungan Google Voice dari Hangouts awal tahun depan.

Transisi dari Hangouts ke Chat akan dimulai pada paruh pertama 2021, ketika Google menawarkan tools untuk memindahkan percakapan Hangouts, kontak, dan riwayat percakapan pengguna ke Chat secara otomatis.

Tidak jelas langkah apa yang diperlukan untuk melakukan migrasi tersebut, tetapi Google mengatakan akan membagikan panduan ke pengguna.

(Tin/Isk)