Sukses

Spotify Permudah Pengguna Simpan Konten Podcast Favorit

Spotify kini menghadirkan fitur Your Episodes untuk mempermudah pengguna menyimpan konten podcast favorit yang ingin didengar belakangan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa bulan terakhir, Spotify terus menggulirkan deretan fitur baru untuk layanan podcast di aplikasinya. Terbaru, fitur yang dihadirkan diberi nama Your Episodes.

Dikutip dari Engadget, Rabu (18/11/2020), fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan satu episode podcast ke dalam daftar koleksinya, meskipun dia tidak berlangganan konten podcast tersebut.

Nantinya, konten yang disimpan akan muncul di library podcast pengguna. Sebagai bagian dari fitur ini, setiap episode podcast akan hadir dengan tombol plus yang dapat dipakai pengguna untuk menyimpan konten tersebut.

"Mencari episode podcast yang ingin kamu simpan? Kini, kamu bisa melakukannya dengan Your Episodes. Langsung ke Your Library untuk menemukan konten yang kamu tandai dan dengarkan," tulis Spotify lewat akun Twitternya.

Untuk diketahui, library podcast di aplikasi biasanya hanya berisi daftar konten baru atau belum didengar dari kanal yang diikuti. Hanya, dengan pembaruan ini, ada tambahan bagian Your Episodes yang berada di bagian atas. 

Pembaruan ini memang terbilang sederhana, tapi dengan fitur ini Spotify setidaknya mempermudah pengguna untuk mengakses konten yang diinginkannya secara mandiri tanpa perlu berlangganan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify Uji Coba Sisipkan Iklan di Konten Podcast

Selain musik, podcast juga menjadi salah satu konten di Spotify. Bahkan, podcast merupakan salah satu prioritas perusahaan belakangan ini.

Terkini, perusahaan asal Swedia itu mulai melakukan uji coba menyisipkan iklan di konten podcast dengan fitur bernama "In-App Offers".

Mengutip The Verge, Selasa (23/6/2020), fitur itu memungkinkan konten podcast di Spotify untuk menampilkan tautan yang disematkan pada episode podcast, yang ketika diketuk, akan mengantarkan pengguna ke halaman web pengiklan.

Di beberapa pasar seperti di AS dan Jerman, fitur ini sudah memasuki fase alfa.

Perusahaan mengatakan uji coba fitur ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2020. 

3 dari 3 halaman

9 Podcast Eksklusif Baru untuk Pengguna Indonesia

Sebelumnya Spotify mengumumkan daftar terbaru podcast Indonesia yang akan tersedia secara eksklusif bagi penggunanya. Ini sekaligus merupakan bagian dari fokus perusahaan untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia.

Sembilan podcast baru ini dibawakan oleh artis dan trendsetter Indonesia. Podcast tersebut terdiri dari BKR Brothers, Makna Talks, DESTAnya Siapa?, Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk, Podcast Malam Kliwon, Rintik Sedu, Teman Tidur, Kinosgina, dan Thirty Days of Lunch.

Ini merupakan gelombang kedua Podcast Eksklusif Spotify yang diumumkan di Indonesia pada 2020.

Sebelumnya, Spotify pada Februari telah menggandeng beberapa podcast seperti seperti PODKESMAS, Rapot, Podcast Raditya Dika, Do You See What I See, dan Suara Puan sebagai bagian dari podcast eksklusif.

"[Pasar] Podcast di Indonesia bisa dibilang salah satu yang paling menarik di dunia saat ini, jumlah pengguna yang mencari dan mendengarkan podcast pun terus bertambah. Hal ini berkat konten luar biasa yang diproduksi oleh para podcaster Indonesia, dan banyak d iantaranya telah bergabung menjadi Podcast Eksklusif Spotify," kata Spotify’s Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte, dalam keterangan resminya.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini