Sukses

Apple Ungkap Aplikasi di iOS dan iPad Bakal Bisa Berjalan di Mac

Liputan6.com, Jakarta - Applebaru saja memperkenalkan deretan produk terbaru dari Mac dalam event yang digelar secara virtual. Bersama dengan peluncuran itu, Apple turut mengumumkan chip pertama besutannya yang ditujukan untuk lini Mac, yakni M1.

Namun selain pengumuman tersebut, ada informasi menarik lain yang diungkap oleh Apple. Dikutip dari Phone Arena, Kamis (12/11/2020), Apple mengungkap nantinya Mac juga akan mendukung aplikasi di iPhone dan iPad.

Informasi ini diungkap langsung oleh SVP Apple Deirdre O’Brien dalam event tersebut. Dia menuturkan, pengguna Mac akan bisa memainkan lebih banyak gim, memainkan lebih banyak video, dan lebih banyak aplikasi.

“Untuk pertama kalinya, kamu dapat menjalankan aplikasi favoritmu di iPhone dan iPad langsung dari Mac,” tuturnya. Hanya untuk sekarang,Apple belum mengungkap aplikasi apa saja yang akan mendukung kemampuan ini.

Sebagai informasi, Apple sendiri baru saja memperkenalkan MacBook Air dan MacBook Pro. Untuk MacBook Air, perangkat ini hadir dengan layar Retina berukuran 13,3 inci dan sudah mendukung True Tone Technology.

Dalam hal performa, laptop baruApple ini sudah ditenagai chipset Apple M1 (8 core CPU), 8 core GPU, dan 16 core Neural Engine.

Untuk mendongkrak performa, MacBook Air hanya menyediakan opsi RAM 8GB dan 16GB. Sementara untuk storage-nya tersedia 512GB dan 2TB.

2 dari 3 halaman

Baterai dan Kamera

Apple juga menyertakan baterai lithium-polymer 58,2 watt yang diklaim mampu bertahan hingga 15 jam saat selancar di internet via Wifi, dan 18 jam saat nonton konten video di Apple TV.

MacBook Air baru ini juga sudah mendukung Wifi 6, Bluetooth 5.0, dan Touch ID. Terdapat pula dua port USB C (bisa untuk charging, DisplayPort, Thunderbolt 3, dan USB 3.1 Gen 2), termasuk audio jack.

Seperti seri sebelunya, laptop ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 720p. Walau lebih rendah dari iPhone dan iPad saat ini, Apple menjamin kamera di laptop memberikan hasil yang baik berkat image signal processor (ISP) baru di chipset M1.

3 dari 3 halaman

MacBook Pro

Dalam hal spesifikasi, MacBook Pro tampil mirip dengan seri baru MacBook Air yang diumumkan oleh Apple malam tadi.

Bedanya, MacBook Pro hadir dengan memori yang lebih kecil ketimbang dari seri MacBook Air. Apple menyediakan opsi memori sebesar 256GB dan 512GB, tetapi bisa diperluas hingga 2TB.

Seri ini memiliki dua port Thunderbolt 4, jack audio 3,5mm. Apple juga menyematkan kipas pendingin, Touch Bar, dan sensor sidik jari yang terletak di atas keyboard.

Kedua laptop baru dengan chipset M1 milik Apple ini sudah bisa dipesan pada 11 November 2020, dan akan dikirim ke pembeli dan dijual secara resmi pada pekan depan 17 November 2020.

Soal harga, MacBook Pro dijual mulai dari USD 1299 atau sekitar Rp 18 jutaan. Sedangkan MacBook Air seharga USD 999 atau Rp 14 jutaan.

(Dam/Isk)