Sukses

Fitur Pesan Sementara WhatsApp Meluncur untuk iOS

WhatsApp memperluas kehadiran fitur pesan sementara. Setelah sebelumnya hadir untuk Android, kini fitur tersebut meluncur untuk pengguna iOS.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp memperluas kehadiran fitur pesan sementara. Setelah hadir untuk Android, kini fitur tersebut meluncur untuk pengguna iOS.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (6/11/2020), fitur ini membuat pesan teks dan media yang dikirim pengguna akan hilang setelah tujuh hari. Pengguna bisa menggunakan fitur ini di chat personal atau grup.

Sebelumnya WhatsApp mengungkapkan, ide awal kehadiran fitur ini berasal dari banyaknya pesan-pesan WhatsApp yang sering kali dibiarkan tersimpan di dalam perangkat.

Meskipun pihak WhatsApp sadar bahwa menyimpan kenangan dari teman dan keluarga merupakan hal yang baik, harus disadari kebanyakan pesan yang terkirim tak perlu disimpan selamanya.

"Kami bertujuan untuk membuat percakapan di WhatsApp semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung, yang artinya percakapan itu tidak harus tersimpan selamanya. Itulah sebabnya kami sangat antusias mendatangkan fitur Pesan Sementara di WhatsApp," kata WhatsApp dalam keterangan yang diterima Kamis (5/11/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengaturan

Fitur ini tidak akan memengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur Pesan Sementara diaktifkan.

Dalam chat personal, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Sedangkan dalam grup chat, hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

"Kami memulai dengan kurun waktu tujuh hari. Menurut kami, jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar Anda tidak lupa apa yang sedang dibicarakan," kata pihak WhatsApp.

3 dari 3 halaman

Saran WhatsApp

WhatsApp menyarankan pengguna untuk menggunakan fitur Pesan Sementara hanya pada orang-orang yang dipercayai. Pasalnya, seseorang bisa saja akan meneruskan atau men-screenshot sebelum pesan tersebut hilang, menyalin isi pesan, ataupun memotretnya dengan perangkat lain.

Untuk media yang diunduh secara otomatis akan masuk ke foto. Jika fitur dinyalakan, media pada chat akan hilang, tetapi jika sudah disimpan ke perangkat tidak akan hilang.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini