Sukses

Review Realme Narzo 20 Pro: Ponsel Gaming dengan Pengisian Baterai Super Cepat

Realme pada hari ini mengumumkan kehadiran narzo 20 Pro di Indonesia. Smartphone ini diklaim sebagai pilihan terbaik untuk gaming smartphone dengan harga Rp 3 jutaan.

Liputan6.com, Jakarta - Realme pada hari ini mengumumkan kehadiran Narzo 20 Pro di Indonesia. Smartphone ini diklaim sebagai pilihan terbaik untuk gaming smartphone dengan harga Rp 3 jutaan.

Tim Tekno Liputan6.com sudah mencoba smartphone ini selama beberapa hari sebelum diumumkan di Tanah Air. Varian yang kami review memiliki RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Balutan warnanya adalah Hitam Ninja, varian lain yang akan dijual di pasar adalah White Knight.

Desain

realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Pada bagian depan Narzo 20 Pro terdapat layar 6.5 inci (2.400 x 1.080 piksel) dengan lubang kamera pada sudut kiri atas. Refresh rate yang disuguhkan 90Hz.

Isi kotak penjualan realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Smartphone ini memiliki satu tombol di sisi kanan dengan dual fungsi, yaitu sebagai pemindai sidik jari dan untuk tombol power. Sementara tombol volume dan slot dual Nano-SIM berada di sisi kiri.

Sisi kanan realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Sisi kiri realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Sisi bawah realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Salah satu keunikan desain Realme Narzo 20 Pro, yaitu memiliki desain pola V yang dapat berubah saat terkena cahaya di bagian belakangnya.

Cover belakangnya mengkilap, sehingga sayangnya membuat bekas noda muda tertinggal dan membekas. Untuk mengatasinya, Realme memberikan casing gratis di dalam kotak penjualan Narzo 20 Pro.

Smartphone ini memiliki berat 191 gram dan dimensi 162.3 x 75.4 x 9.4 mm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Realme menegaskan keunggulan Narzo 20 Pro sebagai gaming smartphone di rentang harga Rp 3 jutaan. Smartphone ini mengadopsi prosesor gaming MediaTek Helio G95, dan dengan realme UI berbasis pada Android 10.

Tim Tekno Liputan6.com mencoba bermain beberapa gim, yaitu PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Mengingat spesifikasi RAM dan memori internal yang besar, gim ini cukup nyaman untuk memainkan kedua gim tersebut. Genshin Impact membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar yakni 6,65GB.

Selama mencoba kedua gim, pengalaman yang dirasakan cukup memuaskan. Tidak ada lag yang ditemukan selama bermain. Kami memainkan PUBG Mobile pada pengaturan grafis HD.

Screenshot PUBG Mobile pada Realme Narzo 20 ProPUBG Mobile di Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)

Sayangnya, perangkat mulai terasa menghangat setelah bermain sekira 30 menit. Bahkan ketika memainkan gim Genshin Impact selama lebih dari satu setengah jam mulai dari mengunduh file internal hingga bermain, layar pun terasa hangat. Hal ini cukup mengganggu jika Narzo 20 Pro digunakan untuk bermain gim dalam waktu lama.

Screenshot Genshin Impact pada Realme Narzo 20 Pro

Keunggulan utama lain yang ditawarkan adalah dukungan 65W SuperDart Charge, yang dapat mengisi daya baterai 4.500 mAh dalam waktu singkat. Perangkat terisi 100 persen dalam waktu sekira 38-40 menit.

Kemampuan tersebut tentu menjadi salah satu nilai jual utama bagi Narzo 20 Pro. Hal ini salah satunya untuk mendukung pengalaman bermain gim dengan Narzo 20 Pro.

Berikut skor realme Narzo 20 Pro di benchmark platform Geekbench:

Skor realme narzo 20 Pro di Geekbench (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Secara keseluruhan, performa Narzo 20 Pro cukup memuaskan. Ketika membuka berbagai aplikasi secara bergantian juga berjalan degan mulus tanpa lag.

3 dari 4 halaman

Kamera

Kendati diunggulkan sebagai gaming smartphone, kamera narzo 20 Pro pun bisa dilirik.

Kamera belakang pada realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Realme melengkapi smartphone ini dengan empat kamera belakang. Masing-masing dengan kamera utama 48MP, 8MP lensa ultra-wide, dan dua 2MP masing-masing merupakan lensa B&W portrait dan macro. Sementara kamera depannya dengan 16MP.

Sejumlah fitur kamera pada realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto pada realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto pada kamera belakang realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto ultra-wide pada kamera realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kamera utama 48MP memiliki detail yang baik. Warna-warnanya pun terlihat tajam dan natural. Hasil kamera belakang pun terlihat baik, terutama di kondisi cahaya terang. Namun memang masih ada noise ketika foto diperbesar, terutama foto di kondisi kurang cahaya.

Hasil foto pada kamera 48MP di realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto pada kamera belakang di realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Hasil foto portrait (bokeh) pada kamera realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Fitur portrait pada realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Tidak ada yang istimewa dengan foto pada malam hari dengan smartphone ini.

Hasil foto pada malam hari dengan kamera belakang realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto saat malam hari dengan Night mode pada kamera belakang realme narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Foto ultra-macro pada Realme Narzo 20 Pro (Foto: Andina Librianty/LIputan6.com)

Penggunaan Night mode cukup membantu dengan membuat foto tampak lebih terang dan detail. Kamera belakang Realme narzo 20 Pro juga memiliki fitur ultra-macro.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Realme Narzo 20 Pro dilengkapi dengan performa baik karena mampu menjalankan berbagai aplikasi dan gim berukuran besar tanpa masalah. Kapasitas baterainya pun besar dengan pengisian daya yang cepat.

Dari sisi kamera, kualitas foto low-light memang tidak begitu baik. Cover belakang pun mudah meninggalkan bekas noda.

Kendati demikian, Realme Narzo 20 Pro bisa menjadi pertimbangan bagi konsumen, terutama yang menginginkan gaming smartphone dengan harga terjangkau.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.