Sukses

Tokocrypto Hadirkan Layanan DeFi Pertama di Indonesia, Apa Itu?

Tokocrypto telah memperkenalkan inisiatif DeFi melalui Toko Token (TKO). dalam acara IBW 2020 pada Agustus lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Tokocrypto memperkenalkan inisiatif DeFi melalui Toko Token (TKO). Inisiatif ini resmi diluncurkan di pembukaan acara Indonesia Blockchain Week (IBW 2020) pada Agustus lalu.

"Tokocrypto memberikan kemudahan mengakses aset kripto dan teknologi Decentralized Finance (DeFi), sejalan dengan misinya menjangkau masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap layanan finansial," tutur CEO dan Co-Founder Tokocrypto Pang Xue Kai.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (20/10/2020), Toko Token yang awalnya mendistribusikan sistem reward bagi nasabah baru, kini mulai menawarkan model token hybrid yang unik dengan berbagai macam manfaat.

Menurut Pang Xue Kai, Tokocrypto optimistis dapat memposisikan proyek perdana DeFi ini agar siap bersaing dengan proyek serupa lainnya, baik yang berlingkup lokal maupun internasional.

Sebagai informasi, DeFi atau Decentralized Finance memang telah menjadi pusat perhatian banyak pihak di industri blockchain sejak tahun lalu. Sebab, DeFi berkaitan erat dengan berbagai aspek keseharian masyarakat, yakni aktivitas keuangan.

Sesuai namanya, DeFi mengacu pada sistem finansial/keuangan terdesentralisasi dengan berbagai layanan keuangan yang bersifat terbuka, unregulated, transparan, fleksibel, dan tersedia bagi siapa saja tanpa perlu pengawasan terpusat maupun perantara.

Berdasarkan data DeFi Pulse per tanggal 15 Oktober 2020, jumlah valuasi aset kripto (value lock in) mencapai nilai USD 11,37 miliar yang terdistribusi dalam 39 aplikasi, mencakup sektor DEX, lending, derivatif, hingga aset.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat TKO yang Diperoleh Nasabah Tokocrypto

Lantas seperti apa manfaat TKO yang dapat dinikmati nasabah Tokocyrpto, berikut ini ada beberapa daftarnya:

  • Token Platfrom Penukaran

TKO menawarkan berbagai manfaat, seperti diskon biaya perdagangan, hak airdrop, penukaran merchandise, dan penawaran menarik lainnya. Token ini mendorong adopsi penggunaan pertukaran dengan sejumlah penawaran, reward, atau insentif lain.

  • Token Centralized Finance (CeFi)

Fitur ini memungkinkan nasabah Tokocrypto bergabung dalam inisiatif finansal kripto yang lebih terpusat. Pada CeFi, TKO akan berfokus memberikan fasilitas berupa tabungan, deposit, dan cashback.

  • Token Decentralized Finance

Sebagai sistem keuangan terbuka yang dibangun di atas teknologi blockchain, DeFi memungkinkan terjadinya transaksi lebih cepat, mudah, dan murah tanpa adanya perantara maupun pihak ketiga.

 

3 dari 3 halaman

Akan Hadir Secara Bertahap

"Fungsi-fungsi tersebut akan diluncurkan secara bertahap dimulai dari fungsi token platform pertukaran. Untuk token CeFi dan DeFi masih dalam pengembangan dan akan diumumkan secara terpisah di masa yang akan datang," tutur Kai melanjutkan.

Seperti fintech yang telah membuka kesempatan bagi masyarakat mengakses layanan keuangan, DeFi memperluasnya dengan melakukan desenstralisasi proses layanan keuangan dengan dukungan smart contract dan dApps.

Saat ini, TKO bisa diperoleh nasabah melalui program referral yang diadakan Tokocrypto. Dengan mengajak kerabat melakukan registrasi di Tokocrypto, masing-masing pemberi dan pengguna akan mendapatkan 75 Toko Token.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.