Sukses

Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global pada Agustus 2020

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar Counterpoint Research melaporkan Samsung pada Agustus 2020 telah memperlebar kesenjangan pangsa pasar dengan Huawei.

Perusahaan Korea Selatan itu tercatat memimpin penjualan smartphone global dengan 22 persen pangsa pasar pada periode tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (18/10/2020), Samsung dibandingkan April 2020 mengalami peningkatan 2 persen pangsa pasar. Sementara Huawei berada di peringkat kedua dengan turun dari 21 persen pada April menjadi 16 persen pada Agustus 2020.

"Kebijakan geopolitik dan urusan politik antar negara memengaruhi pasar smartphone dalam banyak hal. Akan ada aktivitas pemasaran yang meningkat untuk menangkap peluang di wilayah-wilayah dan sentimen tersebut," kata analis riset, Minsoo Kang.

"Sebagai hasilnya, konsentrasi pemain top di pasar smartphone akan semakin kuat. Kita melihat pemain seperti Samsung, Apple, Xiaomi, dan Oppo mendapatkan keuntungan paling besar," tutur Kang lebih lanjut.

2 dari 3 halaman

Vendor Lain

Sementara itu, Apple dalam laporan yang sama disebutkan masih memiliki pangsa pasar serupa seperti pada April lalu. Perusahaan mengantongi 12 persen pangsa pasar.

Xiaomi di peringkat selanjut memiliki 11 persen pangsa pasar, naik dari 8 persen pada April 2020.

3 dari 3 halaman

Peluang Xiaomi

Counterpoint juga mengungkapkan bahwa Xiaomi memperlihatkan peningkatan signifikan pada pangsa pasarnya. Hal ini terutama di pasar yang sebelumnya merupakan pasar kuat Huawei, seperti Eropa Timur dan Tengah.

(Din/Why)