Sukses

Call of Duty: Mobile Raup Pemasukan Rp 7 Triliun dalam Setahun

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower memperkirakan bahwa Call of Duty: Mobile meraup hampir USD 480 Juta atau sekitar Rp 7 Triliun pada tahun pertamanya.

Menurut laporan tersebut, versi mobile dari titel Call of Duty ini menectak rekor di perangkat mobile ketika dirilis perttama kali pada 1 Oktober 2019.

Saat itu, gim milik Activision yang bekerja sama dengan Tencent tersebut menyentuh angka 100 juta pemasangan hanya dalam satu pekan. Pada bulan pertama dan kedua, pemasangan gim ini lalu meningkat, yang mencapai 148 dan 172 juta.

Di kategori Mobile Shooters, Calll of Duty: Mobile bersaing dengan beberapa gim lainnya seperti PUBG Mobile, Fortnite, dan Garena Free Fire.

Craig Chapple, Mobile Insights Strategist, EMEA di Sensor Tower menyebut pencapaian Call of Duty: Mobile merupakan bukti nyata dari kekuatan titel Call of Duty dan kemampuan perusahaan untuk mengadaptasi titel itu ke ekosistem mobile.

"Call of Duty: Mobile akan segera diluncurkan di Cina, yang bisa menjadi pasar yang sangat menguntungkan untuk judul tersebut. Ini akan mengikuti jejak gim lainnya yang sangat sukses di Tiongkok, seperti Game For Peace, yang merupakan versi lokal dari PUBG Mobile yang juga diterbitkan dan dikembangkan oleh Tencent," kata Craig dikutip dari keterangan perusahaan.

2 dari 3 halaman

Activision Masih Tutup Mulut Soal Musim 11 Call of Duty: Mobile

Musim terbaru dari Call of Duty: Mobile dikabarkan akan hadir dalam waktu dekat. Kehadiran musim baru ini sekaligus menandai satu tahun kiprah gim tersebut.

Namun dari laporan Dot Esports, Rabu (7/10/2020), informasi soal musim baru ini ternyata disimpan rapat-rapat oleh Activision.

Bahkan, server beta sempat dinonaktifkan sebelum versi uji coba musim 11 rilis untuk memastikan kontennya tetap rahasia. Kendati demikian, ada beberapa informasi yang sempat bocor. 

Salah satunya adalah versi uji coba gim ini akan tersedia di server pada pertengahan Oktober 2020, tapi jadwal peluncuran versi akhirnya belum diungkap.

3 dari 3 halaman

Tema Halloween

Sementara untuk konten, kemungkinan besar musim baru ini akan mengusung tema Halloween. Informasi ini sempat diketahui dari unggahan akun Twitter resmi Call of Duty: Mobile beberapa waktu lalu. 

"Sesuatu yang menyeramkan bersembunyi di sini," tulis akun @PlayCODMobile.

Meski masih rahasia, Activision dilaporkan berencana mengungkap lebih banyak informasi mengenai musim baru ini dalam waktu dekat.

Dalam unggahan di forum Reddit, informasi lebih banyak soal musim baru di Call of Duty: Mobile akan diungkap secara bertahap melalui akun media sosial sekitar 10 Oktober 2020.

Untuk itu, bagi kamu penggemar gim ini, tidak ada salahnya bersabar menunggu pengumuman resmi. Terlebih, musim 11 ini berbarengan dengan perayaan ulang tahun gim tersebut.