Sukses

Pengguna Google Duo Kini Bisa Manfaatkan Fitur Screen Sharing

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja meluncurkan fitur baru untuk aplikasi video call besutannya, Duo. Adapun fitur baru yang digulirkan ini adalah kemampuan berbagi layar atau screen sharing.

Lewat fitur ini, pengguna dapat menunjukkan layar smartphone-nya saat melakukan panggilan di Google Duo. Kehadiran fitur ini diumumkan bersama dengan sejumlah kemampuan baru yang hadir di layanan Google.

Dilansir Engadget, Senin (12/10/2020), fitur screen sharing sebenarnya sudah diungkap Google lewat akun Twitter-nya pada September lalu, meski tidak lama kemudian kicauan itu dihapus.

"Sekarang, kamu bisa memanfaatkan fitur screen-sharing untuk menjelajah foto atau video, termasuk merencanakan aktivitas bersama selama melakukan video call," tulis Google lewat kicauan tersebut.

Fitur ini dapat diakses dengan memilih opsi Screen yang ditemukan di menu aplikasi Google Duo. Namun sebelum aktif, pengguna akan diingatkan fitur ini dapat memperlihatkan informasi sensitif yang ada di layar perangkatnya.

Setelah aktif, pengguna yang berbagi layar tidak dapat melihat lawan bicaranya. Penggguna hanya dapat melihat notifikasi di bagian status bar yang menandakan 'Ongoing screen sharing.'

Hanya perlu diketahui, fitur ini belum tersedia untuk seluruh pengguna Google Duo. Karenanya, ada kemungkinan fitur ini memang baru digulirkan secara bertahap.

2 dari 3 halaman

Google Duo Kini Tersedia di Android TV

Dalam beberapa bulan terakhir, Google memang meningkatkan fitur dan kemampuan yang ada di Duo. Salah satunya adalah Google Duo kini tersedia dan bisa diunduh di Android TV.

Padahal sebelumnya, Google Duo baru tersedia di smartphone Android, iPhone, tablet, komputer, dan smart display.

Kehadiran Google Duo di Android TV ini berselang empat tahun setelah aplikasi Duo dipublikasikan untuk pertama kalinya. Demikian dikutip dari Gizmochina, Senin (14/9/2020).

Hadirnya Google Duo di Android TV ini diketahui dari Google yang memberikan teaser atas aplikasi ini pada Kamis lalu.

Google menyebut, Duo akan tersedia dalam versi Beta untuk Android TV. Namun, daftar di Play Store pada Android TV tak menyebut bahwa Google Duo masih dalam versi Beta.

Jadi untuk para pengguna Android TV yang di perangkatnya terdapat build-in kamera, mereka bisa langsung melakukan video call. 

Sementara bagi pengguna yang di Android TV-nya tidak terdapat kamera, hanya bisa melakukan panggilan suara.

3 dari 3 halaman

Bisa Pakai Webcam untuk Video Call

Opsi lain yang bisa digunakan untuk menikmati video call Google Duo via Android TV adalah dengan pemasangan webcam, karena platform Android TV (dimulai dengan Android 9) kini telah memiliki dukungan webcam native.

Ada hal yang perlu diperhatikan mengenai fitur baru ini. Berdasarkan percobaan Gizmochina, setelah pemasangan, aplikasi tidak muncul di app drawer, satu-satunya cara untuk meluncurkannya adalah dengan membuka Setting atau Pengaturan kemudian buka menu Aplikasi dan pilih Duo.

Ketika pengguna melakukan panggilan suara, mikrofon di remote akan mengambil alih suara, sementara suara orang yang dihubungi akan dapat didengar dari speaker TV atau speaker eksternal yang disambung ke TV.

Kehadiran aplikasi Google Duo di Android TV cukup masuk akal, pasalnya di kondisi saat ini, video call menjadi hal yang populer di kalangan pengguna internet.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: