Sukses

Resmi, Google Duo Kini Dukung Panggilan Grup 32 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Google Duo akhirnya hadir dengan dukungan panggilan grup hingga 32 orang. Informasi itu diketahui dari Lead Communications Suite Google Sanaz Ahari melalui akun Twitternya.

Dikutip dari Engadget, Kamis (18/6/2020), kemampuan panggilan grup 32 orang ini dapat digunakan saat memakai layanan video call ini lewat situs web. Fitur ini hadir bersamaan dengan perilisan Google Chrome versi terbaru.

Untuk mengaksesnya, pengguna tinggal membuka layanan Google Duo di situs web dan masuk dengan akun Google. Setelahnya, pengguna tinggal memilih tombol 'Create Group Link'.

Namun untuk sekarang, fitur panggilan grup di Google Duo ini hanya mendukung peramban Google Chrome. Sementara peramban lain masih menunggu waktu untuk mendukung fitur anyar ini.

Lebih lanjut disebutkan pula, Google sudah meningkatkan keamanan di layanan ini. Pengguna juga dapat memasang Progressive Web App (PWA) Google Duo di peramban yang dipakainya.

Sebagai informasi, ini kali kedua Google menambah jumlah pengguna yang dapat bergabung di panggilan grup. Pada Maret 2020, jumlah partisipan panggilan grup di Duo bertambah menjadi 12 dari delapan orang.

Perlu diketahui, Google Duo memang terus meningkatkan kemampuan yang dimilikinya, terutama di tengah pandemi saat ini. Terlebih, pemakaian layanan video call dilaporkan terus meningkat di kondisi sekarang.

2 dari 3 halaman

Google Duo Izinkan Pengguna Lakukan Group Call dari Browser Chrome

Sebelumnya, Google Duo memang memungkinkan pengguna melakukan group video call melalui browser Chrome. Demikian sebagaimana diumumkan oleh Google.

Kemampuan group video call dari peramban Chrome ini bakal memudahkan pengguna saling terhubung satu sama lain di tengah pandemi Covid-19 ini.

Meski pengguna melakukan group video call dari browser, mereka tetap harus login ke akun Google untuk bisa saling terhubung dalam panggilan.

Tidak hanya itu, Google juga memberikan update family mode versi baru di Duo. Mode ini memungkinkan pengguna menggambar di layar dan bisa disaksikan bersama oleh seluruh partisipan.

"Duo akan menghilangkan tombol-tombol mute dan mematikan panggilan ketika pengguna sedang berada di family mode. Jadi, para pengguna bisa menggambar bersama, tanpa perlu terpencet tombol matikan panggilan," kata Google.

Family mode tersedia ketika pengguna memakai Duo dan sign-in pada akun Google mereka.

3 dari 3 halaman

Hadirkan Update Lainnya

Bukan hanya itu, Google juga menghadirkan fitur baru anyar lainnya, yakni efek dan filter seperti yang ada di Snapchat.

Filter ini akan tersedia pada panggilan video one-on-one, melalui aplikasi Duo yang ada di Android dan iOS. Salah satu filter-nya hadir pada minggu ini.

Sebelumnya pada bulan lalu, Google menyebut pihaknya akan meluncurkan codex video AV1 di Google Duo untuk meningkatkan kualitas panggilan video.

(Dam/Why)