Sukses

10.000 Karyawan Tencent Dapat Ponsel Layar Lipat Rp 37 Jutaan, Malah Dijual Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Tencent menghadiahkan masing-masing 1 unit Huawei Mate Xs kepada 10.000 karyawannya.

Mate Xs adalah smartphone layar lipat Huawei yang dibanderol dengan harga 16.999 Yuan atau setara Rp 37,2 jutaan.

10.000 unit Mate Xs ini dibagikan cuma-cuma sebagai hadiah pada karyawan di divisi Tencent PGC (Platform and Content Business Group) pada 30 September lalu.

Karena harganya yang cukup mahal, bukannya dipakai sendiri, sebagian karyawan malah menjual smartphone tersebut di toko online. Demikian seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat (2/10/2020).

Perangkat yang diberikan bukan Mate Xs biasa, melainkan Mate Xs edisi spesial National Day.

Bunyi deskripsi iklannya di toko online pun beragam, ada yang menuliskan "Hadiah perusahaan, benar-benar produk baru!".

Perangkat Mate Xs edisi khusus ini dijual di e-commerce dengan harga 2,5 kali lipat dari harga aslinya. Di JD.com, smartphone ini dibanderol sekitar 20.500 Yuan melalui penjual pihak ketiga.

2 dari 3 halaman

Jual di Toko Online Milik Alibaba

Ada pula yang menjual smartphone hadiah tersebut di Xianyu, sebuah platform e-commerce untuk barang bekas yang dimiliki oleh Alibaba.

Pihak Tencent belum memberikan respon atas masalah ini.

Sekadar informasi, karyawan Tencent PCG mendapatkan smartphone layar lipat ini sebagai hadiah atas ulang tahun kedua departemen PCG. Departemen PCG sendiri merupakan bagian yang membuat konten untuk medsos, video, ataupun platform berita Tencent.

Hadiah ini juga diberikan perusahaan sebagai bagian dari perayaan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok atau National Day yang jatuh pada tanggal 1 Oktober.

3 dari 3 halaman

Ingin Dapat Uang Tunai

Tampaknya, karyawan berupaya mendapatkan uang tunai tambahan ketimbang mendapatkan smartphone kekinian.

Karena jumlahnya yang terbatas, kemungkinan smartphone Mate Xs edisi spesial tersebut harganya bakal melambung. Apalagi, di negara asalnya Huawei masih jadi merek yang sangat terkenal.

Huawei Mate Xs edisi spesial tersebut hadir dengan RAM 8GB dan memori internal 512GB.

Perangkat Huawei Mate Xs merupakan smartphone layar lipat kedua Huawei setelah sebelumnya perusahaan merilis Huawei Mate X. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan koneksi 5G. Layarnya memiliki luas 8 inci jika dibuka.

(Tin/Ysl)