Sukses

iOS 14 Dorong Pemasangan Aplikasi Kustomisasi Home Screen secara Signifikan

Liputan6.com, Jakarta - Apple iOS 14 baru dirlis 16 September lalu dan pembaruan sistem operasi tersebut telah mulai mengubah cara pengguna berinteraksi dengan Home Screen di perangkat mereka.

Perusahaan riset pasar aplikasi seluler Sensor Tower memperkirakan secara global 20 aplikasi kustomisasi Home Screen teratas yang diluncurkan hingga saat ini secara kolektif telah mencapai setidaknya 13,7 juta pemasangan.

"Untuk analisis ini, kami mempelajari 20 aplikasi teratas yang terutama berfokus pada kustomisasi Home Screen melalui widget," ujar Stephanie Chan, Mobile Insights Strategist dikutip dari laporan perusahaan, Minggu (27/9/2020).

Pemasangan pertama kali aplikasi ini mencapai puncaknya pada 21 September dengan lebih dari 3 juta pemasangan secara global. Semua aplikasi dalam kelompok ini diluncurkan pada atau setelah 16 September 2020.

Widgetsmith, Color Widgets, dan Photo Widget menempati sebagai tiga teratas. Ketiganya dengan cepat meraih popularitas tujuh hari setelah Apple meluncurkan iOS 14.

2 dari 2 halaman

Porsi Terbesar dari Pengguna di AS

Widgetsmith menjadi aplikasi iPhone gratis teratas di Amerika Serikat dari 19 hingga 23 September. Lalu dari 18 September hingga 22 September, Color Widgets mencapai posisi kedua, sementara Photo Widget menempati posisi ketiga pada 20 September.

"Menurut data kami, tiga aplikasi ini saja menghasilkan lebih dari 12,6 juta pemasangan secara global dalam tujuh hari setelah peluncuran iOS 14," kata Stephanie.

Angka tersebut mewakili sekitar 92 persen dari total 13,7 juta aplikasi dianalisis oleh Sensor Tower. Porsi tunggal terbesar dari pemasangan ini mencapai 26 persen, yang berasal dari pengguna App Store berbasis di AS.