Sukses

Football Manager 2020 Gratis di Epic Games Tembus 1 Juta Pemain Baru

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Football Manager 2020 untuk ditawarkan secara gratis melalui Epic Games Store ternyata membawa dampak besar bagi gim tersebut, utamanya dari jumlah unduhan dan pemain. 

Menurut Studio Director Sports Interactive, Miles Jacobson, saat ini ada lebih dari 1 juta pemain baru yang memulai memainkan Football Manager 2020 sejak rilis gratis di Epic Store.

Dikutip dari PC Gamer, Senin (21/9/2020), dia juga membandingkannya saat pertama kali merilis gim ini untuk dimainkan secara gratis selama dua minggu pada Maret 2020.

"Kami memiliki lebih banyak orang memainkannya saat hadir di Epic Games dalam waktu 36 jam saja, dibandingkan saat kami menghadirkannya secara gratis melalui Steam dalam waktu dua minggu," tulis Miles melalui akun Twitternya.

Tidak hanya itu, jumlah pemain aktif yang bermain saat ini juga jauh lebih besar. Biasanya, jumlah puncak pemain hanya sekitar 80-90 ribu, tapi kali ini jumlahnya mencapai 250 ribu.

Di sisi lain, penjualan seri Football Manager memang tengah naik. Penjualan Football Manager 2019 dilaporkan mencapai 2 juta, sekaligus menjadi yang pertama melakukannya.

Sementara itu dengan data saat ini, Football Manager 2020 bisa melampaui rekor itu apabila jumlah unduhan gratis ini disertakan.

Selain Football Manager 2020, gim Watch Dogs 2 dapat diunduh secara gratis melalui Epic Games Store hingga 24 September 2020.

2 dari 3 halaman

Sony Bagikan Gim Gratis PS4 di Tengah Pandemi Covid-19

Langkah untuk menggratiskan sejumlah gim memang dilakukan sejumlah perusahaan, termasuk salah satunya adalah Sony. 

Melalui program Play at Home, program ini merupakan salah satu upaya perusahaan asal Jepang tersebut untuk membantu komunitas gim selama masa-masa sulit ini.

"Perusahaan akan membagikan dua judul gim PlayStation 4 (PS4) secara gratis untuk gamer tetap berada di rumah," ucap Presiden dan CEO PlayStation, Jim Ryan, sebagaimana dikutip dari BGR, Kamis (16/4/2020).

Gamer dapat me-redeem (mengunduh) gim Uncharted: The Nathan Drake Collection dan Journey secara gratis mulai 16 April hingga 5 Mei 2020.

Menariknya, gim ini dapat diunduh secara gratis dan permanen meskipun kamu tidak berlangganan layanan premium PlayStation Network (PSN), yaitu PS Plus.

3 dari 3 halaman

Bantu Pengembang Indie

Lebih lanjut, program ini juga dipakai Sony untuk memberikan dukungan finansial kepada pengembang independen, yang perusahaan katakan sebagai "jantung dan jiwa" gaming.

Pembuat konsol Jepang tersebut mengalokasikan USD 10 juta untuk dana yang akan didistribusikan ke berbagai studio.

Saat ini, belum diketaui dengan pasti detail alokasi dana tersebut.

Tetapi Sony berjanji untuk mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang dana tersebut, dan bagaimana pengembang dapat mendaftar dalam waktu dekat.

Ryan mengatakan, "Kami tahu ini hanya satu langkah kecil, dan sangat bersyukur dapat menawarkan dukungan kepada gamer, komunitas, dan mitra setia kami."

(Dam/Isk)