Sukses

Cara Bikin GIF dari Video di WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai aplikasi olah pesan, WhatsApp mendukung lampiran file dengan berbagai format, termasuk gambar atau foto. Selain gambar JPG/JPEG, pengguna WhatsApp juga dapat saling berkirim dan menerima GIF.

WhatsApp mendukung lampiran GIF melalui layanan penyedia GIF seperti Tenor dan Giphy. Fitur lampiran GIF ini dapat ditemukan tepat di antara Emoji dan Stiker.

Cukup dengan mengetikkan kata kunci tertentu, rekomendasi GIF yang relevan akan muncul. Namun terkadang, GIF yang ingin kamu kirim, tidak ada di kedua layanan tersebut.

Nah, buat kamu yang belum tahu, ada satu trik mudah untuk membuat GIF langsung di aplikasi WhatsApp.

Saking mudahnya, trik ini tak memerlukan aplikasi pihak ketiga lainnya. Penasaran bagaimana cara membuat GIF di WhatsApp, simak penjelasannya berikut ini.

2 dari 3 halaman

Langkah

Langkah pertama, pilih menu lampiran yang direpresentasikan dengan ikon klip. Lalu pilih video yang hendak kamu ubah jadi GIF. 

Setelah itu, potong durasi video menjadi 7 detik atau lebih pendek. Di bagian kanan atas, kamu akan segera mendapati ikon GIF muncul tepat di sebelah ikon video, yang selanjutnya kamu pilih.

Berikutnya, kamu tentukan potongan video yang menurut kamu cocok untuk dibuat GIF dan dikirim ke teman, keluarga, ataupun grup WhatsApp.

3 dari 3 halaman

Mengapa 7 Detik?

Perlu ditekankan, menurut pengalaman kami, 7 detik merupakan durasi maksimal untuk mengubah video menjadi GIF di WhatsApp. Jika durasi lebih panjang dari itu, ikon GIF di sebelah ikon video tidak akan muncul.

Selain video yang telah tersimpan di galeri, pengguna juga dapat mengubah video yang direkam secara spontan menjadi GIF. Selamat mencoba!