Sukses

Line Gabungkan Solusi AI Lewat Clova

Liputan6.com, Jakarta - Line AI Company baru saja menggelar acara bertajuk Line AI Day 2020. Pada gelaran tahun ini, perusahaan menghadirkan pondasi baru dengan menggunakan produk dan solusi AI (Artificial Intelligence) dari Line.

Pada Line AI Day kali ini, Line juga mengumumkam integrasi solusi AI miliknya, yakni Clova dan Line Brain menjadi satu kesatuan, yakni Line Clova.

Dengan integrasi ini, Line Clova menyediakan ragam solusi AI yang terbagi dalam tiga pilar, yakni teknologi, solusi, dan perangkat.

Melalui penggabungan kedua layanan AI tersebut, Line berupaya menyediakan ragam solusi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari pengguna.

Untuk pilar teknologi, Line Clova menyediakan solusi AI mulai dari chatbot, Optical Character Recognition (OCR), pengenalan suara maupun wajah.

Sementara untuk solusi, Line Clova juga akan menyediakannya bagi kebutuhan industri, melalui Clova Assistant, Line AiCall, dan Line eKYC.

Adapun untuk solusi perangkat yang dihadirkan berupa Clova Friends, Clova Friends Mini, Clova Desk, dan Clova WAVE.

Di gelaran tahun ini, perusahaan turut menegaskan tujuannya dalam mengaplikasikan visi 'Life on Line'. Jadi, dengan visi ini, Lin berupaya mendukung kehidupan sehari-hari pengguna selama 24 jam sehari.

Oleh sebab itu, AI menjadi elemen penting untuk mewujudkan visi ini. Visi tersebut ditunjang pula dengan misi 'Closing the Distance' untuk mengembangkan beragam layanan demi meningkatkan kualitas hidup manusia.

2 dari 3 halaman

Line Rilis Fitur OA Call untuk Dukung Dunia Usaha di Masa Pandemi

Sebelumnya, Line kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan fitur untuk Line Official Account, yakni OA Call. Fitur OA Call memungkinkan pelaku bisnis untuk membuka layanan panggilan Line gratis, baik melalui panggilan suara maupun panggilan video.

Penguna aplikasi Line yang juga menjadi pelanggan suatu merek bisnis tertentu pun kini dapat membuat panggilan langsung ke Line Official Account.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, dunia usaha menjadi salah satu sektor yang terkena dampak berat. Oleh karena itu, kami akan selalu berupaya untuk memberikan dukungan bagi sektor dunia usaha agar bisnis mereka bisa tetap berjalan melalui ragam inovasi di dalam aplikasi Line," kata Sales Director Line Indonesia, Trisnia Anchali Kardia, dalam keterangan resminya.

"Salah satunya melalui Line Official Account hadir dengan fitur baru OA Call, yang dapat menghubungkan pebisnis dengan pelanggan mereka secara langsung dan gratis, baik melalui panggilan suara maupun video," tutur Trisnia.

3 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Line Call untuk Official Account​

Pelaku dunia usaha yang telah memiliki Official Account di Line perlu melakukan pengaturan sederhana agar pelanggan dapat melakukan panggilan. Cara untuk mengaktifkan fitur OA Call juga sangat mudah. Anda dapat melakukan pengaturan melalui aplikasi Line Official Account atau halaman web Official Account (manager.line.biz) dengan cara berikut:

Melalui aplikasi Line Official Account:

​- ​​Buka pengaturan obrolan di Tab "Obrolan".

​​​- Klik tab "Telepon" dari menu pengaturan obrolan.

​​​- Aktifkan button "Panggilan Suara" untuk mengaktifkan fitur LINE Call. Anda juga dapat menyalakan "Panggilan Video" bila perlu.

​​​- Meskipun telah mengaktifkan fitur panggilan video, pengguna nantinya akan memiliki pilihan untuk menggunakan fitur video atau tidak ketika melakukan panggilan.

Melalui halaman web Line Official Account (manager.line.biz):

​- ​​Buka pengaturan obrolan di menu "Obrolan".

​- Klik tab "Pengaturan Obrolan" (a) lalu pilih tab "Telepon"(b) dari menu pengaturan obrolan.

​- Pada pengaturan "Panggilan Suara", pilih "Nyalakan" untuk mengaktifkan fitur Line Call. Anda juga dapat menyalakan "Panggilan Video" bila perlu.

- Meskipun telah mengaktifkan fitur panggilan Video, pengguna nantinya akan memiliki pilihan untuk menggunakan fitur video atau tidak ketika melakukan panggilan.

​Selain itu, pebisnis juga memiliki pilihan untuk membuka OA Call setiap saat atau hanya pada saat-saat tertentu. Melalui pilihan ini, pelaku bisnis bisa menyesuaikan OA Call dengan jam kerja atau usaha mereka.

​"Dunia usaha dapat memanfaatkan Line Official Account tidak hanya sebagai pendukung agar usaha mereka bisa tetap berjalan, tetapi juga menjadi sarana untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan terlebih di masa pandemi Covid-19 di mana kita masih harus menjaga jarak," tutur Trisnia.

(Dam/Isk)