Sukses

Jalur Sepeda di Google Maps Dapat Pembaruan

Google menggunakan paduan Machine Learning, algoritma kompleks, dan wawasan terkait kondisi dunia nyata berdasarkan citra dan data dari otoritas pemerintah dan kontribusi masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Google menyatakan sejak Februari lalu permintaan untuk petunjuk arah bersepeda di Google Maps telah melonjak hingga 69 persen. Fitur ini pertama kali diperkenalkan sepuluh tahun lalu.

Terkini, perusahaan menggulirkan pembaruan untuk petunjuk arah di Google Maps.

"Saat kebiasaan bersepeda mengalai perubahan, terutama di tengah Covid-19, kami terus memperbarui informasi ini untuk membantu Anda menemukan rute sepeda paling andal," ujar Vishal Dutta, Product Manager di Google Maps dikutip dari keterangan perusahaan, Selasa (21/7/2020).

Untuk memberi rekomendasi rute sepeda terbaik, kata Vishal, Google menggunakan paduan Machine Learning, algoritma kompleks, dan wawasan terkait kondisi dunia nyata berdasarkan citra dan data dari otoritas pemerintah dan kontribusi masyarakat.

"Kami juga mempertimbangkan berbagai bentuk jalur sepeda dan jalan-jalan terdekat yang mungkin kurang bersahabat untuk sepeda Anda (seperti terowongan, tangga, dan kondisi permukaan yang buruk) sehingga Anda dapat memiliki rute bersepeda terbaik dan paling lancar," tutur Vishal.

Hal yang tak kalah penting adalah pengguna dapat mengetahui apakah rute yang hendak dia lalui merupakan jalanan curam atau datar.

"Jadi Anda akan tahu apakah Anda berada dalam perjalanan sepeda yang mudah atau benar-benar akan memacu detak jantung Anda," kata Vishal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Integrasi jalur baru

Lebih lanjut banyak kota di dunia menambah dan memperluas jalur sepeda untuk mendorong masyarakat bersepeda dan mengakomodasi lebih banyak pengendara sejak pandemi Covid-19 ini. Vishal menyebut perusahaan telah berupaya mengintegrasikan ratusan ribu jalur sepeda baru dalam beberapa bulan mendatang.

"Instansi pemerintah daerah dapat menyediakan data ini melalui Geo Data Upload Tool agar informasi jalur sepeda terbaru mereka tecermin di Google Maps," kata Vishal.

 

3 dari 3 halaman

Bikesharing

Ketika pengguna mencari petunjuk bersepeda, ia juga akan melihat petunjuk yang mencakup informasi fasilitas bikeshare. Navigasi akan mencakup petunjuk arah berjalan kaki ke fasilitas bikesharing.

"Untuk beberapa kota, Google Maps akan menunjukkan kepada Anda tautan untuk membuka aplikasi bikeshare yang relevan untuk memesan dan membuka kunci sepeda," ujar Vishal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini