Sukses

Review Xiaomi Redmi Note 9, Tawarkan Fungsi Esensial Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Redmi Note 9 telah resmi meluncur di Indonesia beberapa waktu lalu. Smartphone menengah terbaru Redmi ini hadir dengan spesifikasi chipset MediaTek Helio G85 dipadukan varian RAM 4GB+ROM 64GB atau RAM 6GB+ROM 128GB.

Untuk pasar Indonesia, smartphone ini dibanderol dengan harga mulai hari Rp 2,4 juta. Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal kemampuan gaming smartphone ini beberapa waktu lalu.

Nah untuk pembahasan kali ini, kami akan mengupas sedikit lebih dalam mengenai keseluruhan Redmi Note 9. Seperti apa pembahasannya? Cek ulasan kami berikut ini.

Performa

Soal performa, Redmi Note 9 secara keseluruhan cukup memuaskan, terutama bagi kamu yang memang sudah akrab dengan MIUI dari Xiaomi. Menjalankan MIUI 11, perpindahan antar aplikasi terasa mulus dan tidak ada masalah. 

Memiliki layar berukuran 6,53 inci FHD+, pengalaman menonton di smartphone ini harus diakui menyenangkan. Meski hadir dengan layar terbilang besar, pengalaman menggenggam smartphone ini masih tetap nyaman. 

Untuk performa baterai, smartphone ini memiliki kapasitas 5.020mAh. Karenanya, perangkat ini dapat diandalkan untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari komunikasi, bermain gim, hingga menonton video atau mendengarkan lagu.

Berdasarkan pengalaman, dengan pemakaian standar, smartphone ini mampu bertahan seharian. Baterai besar itu didukung pula dengan fitur fast charging 18W. 

Sementara untuk kemampuan bermain gim, seperti disebutkan sebelumnya Redmi Note 9 mampu menjalankannya dengan baik, meski belum menyajikan grafis yang mumpuni.

2 dari 3 halaman

Kamera

Beralih ke kamera, Redmi Note 9 hadir dengan empat kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP (lensa utama), 8MP (ultra-wide), 2MP (lensa makro), dan 2MP (depth sensor).

Untuk hasil tangkapannya sendiri, smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang apik dan memuaskan. Terlebih dengan kemampuan 48MP, hasil tangkapan dengan kondisi cahaya cukup berhasil ditampilkan detail dan tajam.

Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa hasil kamera smartphone ini, berikut ini kami sertakan hasilnya. Namun sebagai catatan, mengingat ada kompresi resolusi, kualitas gambar yang ditampilkan agak sedikit berubah.

Hasil kamera 48MP Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil kamera utama Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil foto makro Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Hasil foto portrait Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)Foto malam hari Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Redmi Note 9 dapat menjadi pilihan bagi kamu yang membutuhkan smartphone dengan fungsi esensial, seperti untuk komunikasi, mengakses media sosial, atau menikmati konten video maupun mendengarkan lagu.

Hal itu didukung pula kapasitas baterai yang besar, sehingga aktivitas harianmu tidak akan terganggu dengan pengisian daya terlalu sering. Faktor lain yang juga menarik dari kemampuan kamera yang dimilikinya.

Seperti yang dijabarkan di atas, hasil kamera smartphone ini juga terbilang baik. Karenanya, Redmi Note 9 masih dapat diandalkan untuk keperluan unggahan foto di media sosial.

Hanya, bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman gaming kelas wahid, Redmi Note 9 kurang cocok, sebab grafis yang dihadirkan terasa 'nanggung'.

Untuk itu, apabila kamu memiliki budget lebih pesar, opsi Pro dapat menjadi pilihan untuk memberikan pengalaman gaming lebih baik. Selain itu, pada versi Pro, kamu juga akan mendapatkan fitur NFC yang absen di Redmi Note 9. 

(Dam/Isk)