Sukses

Qualcomm Rilis Snapdragon 865 Plus, Siap Tenagai ROG Phone 3 dan Lenovo Legion

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm memperkenalkan chipset mobile 5G terbarunya, Snapdragon 865 Plus. Chipset ini adalah penerus dari Snapdragon 865 yang dirilis akhir tahun lalu dan kini sudah mentenagai lebih dari 140 tipe smartphone premium.

Snapdragon 865 Plus dirancang untuk memberi performa yang ditingkatkan pada seluruh aspek untuk mendukung main gim lebih kencang lewat Snapdragon Elite Gaming. Chipset ini juga mendukung koneksi 5G dan AI yang lebih cerdas.

Senior VP sekaligus GM Mobile Qualcomm Technologies Alex Katouzian mengatakan, Qualcomm terus berinvestasi pada chipset seri premium 8 untuk mendorong performa dan efisiensi daya. Tak lupa, kamera, AI, dan pengalaman gaming juga ditingkatkan.

"Meneruskan kesuksesan Snapdragon 865, Snapdragon 865 Plus yang baru memberikan performa ditingkatkan untuk flagship smartphone gelombang selanjutnya," tutur Katouzian, seperti dikutip dari keterangan resmi Qualcomm, Kamis (9/7/2020).

Secara spesifikasi, Snapdragon 865 Plus didukung modem Snapdragon X55 RF system.

Kemudian mesin AI yang digunakan adalah Qualcomm AI Engine generasi kelima yang mendukung kamera, audio, dan pengalaman gaming lancar.

Sari segi dukungan gaming, chipset ini didukung Snapdragon Elite Gaming yang memberikan kualitas gaming desktop pada smartphone. Antara lain kemampuan update driver GPU, desktop forward rendering, frame rate hingga 144FPS, dan tampilan HDR gaming yang mendukung 1 miliar warna.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Snapdragon 865 Plus

Peningkatan Snapdragon 865 Plus dibanding pendahulunya:

1. CPU Kryo 585 Prime dengan clock speed inti hingga 3.1 GHz atau meningkat 10 persen

2. GPU Adreno 650 dengan render grafis 10 persen lebih cepat

3. Kecepatan WiFi hingga 3,6Gbps

3 dari 3 halaman

ROG phone dan Legion

Di antara smartphone gaming kelas atas yang memakai chipset Snapdragon 865 Plus antara lain adalah Asus ROG Phone 3 dan Lenovo Legion.

"Spesifikasi lengkap dari ROG Phone 3 akan diumumkan dalam beberapa minggu datang. Namun dengan dukungan Snapdragon 865 Plus memastikan performa keseluruhan akan ditingkatkan secara signifikan," kata GM Smartphone Business Unit Asus Bryan Chang.

Sementara itu, Lenovo Legion merupakan smartphone gaming dari Lenovo.

"Lenovo Legionmerupakan salah satu dari yang pertama untuk menawarkan Snapdragon 865 Plus pada portofolioperangkat gaming kami yang semakin bertambah di tahun ini," kata VP Lenovo Mobile Gaming Group Emerging Markets Jerry Tsao.

Rencananya, smartphone berbasis Snapdragon 865 Plus akan diumumkan pada kuartal ketiga 2020.

(Tin/Isk)