Sukses

Gempa Bumi Getarkan Jabodetabek, Warganet di Twitter Riuh

Magnitudo gempa itu 5,4 dan tidak berpotensi tsunami. Kejadian ini sontak mendapat respons dari banyak warganet yang mengaku merasakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dilaporkan terasa di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Menurut informasi dari akun Twitter Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkas Bitung, Banten.

Magnitudo gempa itu 5,4 dan tidak berpotensi tsunami. Kejadian ini sontak mendapat respons dari banyak warganet yang mengaku  merasakannya.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan, Selasa (7/7/2020), tagar gempa kini menjadi Trending Topic Twitter. Selain banyak yang merasakan, tidak sedikit pula yang tidak menyangka terjadi gempa.

Untuk mengetahup seperti apa respons warganet mengenai gempa yang baru saja terjadi di Jabodetabek, berikut ini beberapa kicauan yang sudah dihimpun dari Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Magnitudo 6,1 Jepara Terasa hingga Yogyakarta

Selain di Jabodetabek, gempa sebelumnya juga terjadi di wilayah Jepara, Jawa Tengah. 

Pusat gempa terjadi di laut atau 53 kilometer barat laut Jepara hingga getarannya terasa di beberapa bagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Seperti di wilayah Mlati, Kabupaten Sleman, Sedayu, Kabupaten Bantul serta beberapa bagian Kulon Progo.

"Gempa tersebut menghasilkan spektrum gelombang seismik yang luas dirasakan hingga DIY dikarenakan memiliki energi yang cukup besar," jelas Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta Nugroho Budi W, Selasa (7/7/2020) dilansir Antara.

Menurutnya, energi besar yang mampu menjangkau wilayah yang jauh karena mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang.

Selain faktor sumber gempa, kondisi geologi lokal lanjut Budi juga menjadi faktor penyebab gempa itu dapat dirasakan atau tidak.

"Wilayah dengan kondisi geologi yang didominasi lapisan endapan atau sedimen akan memiliki peluang merasakan getaran gempa. Hal ini dikarenakan gelombang gempa yang melalui kondisi geologi tersebut akan mengalami pembesaran gelombang gempa atau amplifikasi," kata dia.​​​​​​​

3 dari 3 halaman

Tidak Berpotensi Gelombang Tsunami

Sementara itu, Sugeng, warga Sentolo, Kulon Progo, menceritakan saat getaran gempa yang cukup kuat dia rasakan ketika masih berada di dalam rumah.

"Terasa banget seperti gempa (Yogyakarta) 2006. Rumah bergetar kencang. Tetangga saja langsung membunyikan kentongan," kata Sugeng.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi Selasa pukul 05.54 WIB berada di laut pada koordinat 6,12 Lintang Selatan dan 110,55 Bujur Timur. Atau 53 km barat laut Kota Jepara pada kedalaman 578 km.

Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Dan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa itu.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini