Sukses

Begini Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Google Play Store, Gampang Banget

Liputan6.com, Jakarta - Google telah merilis fitur dark mode dalam sistem operasi (OS) terbaru buatannya Andriod 10 pada September 2019.

Namun, ternyata tidak semua aplikasi milik Google langsung hadir dengan fitur ini. Salah satu aplikasi buatan Google yang baru muncul dark mode adalah Play Store.

Yup, Google baru memperkenalkan dark mode ke toko aplikasi Andriod tersebut pada Maret 2020 atau 6 bulan setelah Andriod 10 resmi dirilis.

Walau Play Store di sebagian besar perangkat Andriod sudah mendukung dark mode, tidak semua pengguna mengetahui bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini.

Bagaimana caranya mengaktifkan fitur dark mode di Google Play Store? Simak tips sederhana ini sebagaimana dikutip dari Android Police, Senin (29/6/2020).

 

2 dari 3 halaman

Buka Aplikasi Google Play Store

Google Play Store. (Doc: Google/ Liputan6.com)

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Android kamu.

Setelah itu, klik tiga garis di sudut kiri atas layar. Lanjutkan dengan ikon roda bertuliskan Settings > Theme yang berada di bawah menu General.

Saat Theme diklik, nanti akan muncul jendela kecil dengan tiga opsi berbeda: Light, Dark, dan System default.

Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba ya sobat Tekno Liputan6.com.

 

3 dari 3 halaman

Dark Mode Mendarat di Google Translate

Google Translate

Sebelumnya, Google Translate juga sudah mendukung mode tersebut lebih dulu. Mengutip 9to5Google, Sabtu (8/2/2020) Dark Mode mendarat di aplikasi Google Translate versi 6.5.

Hal itu merujuk pada laporan pengguna di Polandia yang mendapati mode tersebut pada aplikasi terjemahan itu.

Diduga kuat pembaruan ini bersifat server-side, sehingga baru pengguna di lokasi tertentu yang mendapati Dark Mode di aplikasi Google Translate mereka.

Dark mode menjadi salah satu fitur yang banyak digulirkan oleh pengembang belakangan ini. Ketika fitur ini aktif, tampilan antarmuka suatu perangkat lunak akan berubah menjadi gelap.

Salah satu kelebihan dark mode adalah tampilannya ramah bagi mata, terutama ketika pengguna menggunakan suatu perangkat lunak pada malam hari. Fitur ini mampu mengurangi emisi cahaya yang terpancar dari layar.

(Ysl/Why)