Sukses

WhatsApp Web Bakal Tambah Warna pada Dark Mode dan Hadirkan Panggilan Video

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan sejumlah fitur baru pada versi web-nya.

Sebelumnya, sebuah laporan juga menyebut perusahaan akan segera merilis dukungan multi-device untuk pengguna WhatsApp versi beta.

WhatsApp juga dikatakan tengah menguji coba fitur baru yang mempermudah pencarian pesan berdasarkan tanggal.

Kini berdasarkan laporan WAbetainfo, WhatsApp tampaknya akan menambahkan sejumlah warna untuk Dark Theme dan mengizinkan pengguna untuk membuat panggilan video dan suara melalui WhatsApp Web.

1. Dark Theme di WhatsApp Web

Sekadar informasi, sebelumnya WhatsApp Web sudah kebagian fitur Dark Theme. Kini infonya WhatsApp akan menambah lebih banyak warna yang bisa dipilih pengguna ketika mengaktifkan tema gelap.

"Terima kasih kepada update versi 2.2025.5, kami menemukan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan Dark Theme berbeda menggunakan warna-warna gelap alternatif," tulis WAbetainfo, sebagaimana dikutip dari laman India Today, Senin (22/6/2020).

2 dari 3 halaman

2. Cara Atur Dark Theme

Berdasarkan screenshot yang dibagikan, warna-warna baru untuk Dark Theme di WhatsApp Web ada abu-abu, kuning terang, dan warna hijau.

Ketika fitur ini digulirkan, para pengguna bisa mengaktifkan fitur ini lewat pengaturan.

Caranya adalah buka WhatsApp Settings kemudian pilih opsi Theme.

Perlu diingat, fitur ini masih dalam pengembangan dan akan ada di iOS, Android, dan WhatsApp Web jika nanti sudah digulirkan.

3 dari 3 halaman

3. Panggilan Suara dan Video pada WhatsApp Web

Terlepas dari Dark Theme, WAbetainfo juga menginformasikan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan dan mengimplementasikan panggilan suara dan video pada WhatsApp Web.

Fitur ini tersedia untuk aplikasi WhatsApp di Android dan iOS. Perusahaan juga berencana untuk mengizinkan pengguna membuat panggilan grup dari WhatsApp Web.

Jika fitur ini hadir ke WhatsApp Web, panggilan video grup ini bisa jadi saingan untuk aplikasi Zoom maupun Google Meet. Apalagi kini para pengguna WhatsApp banyak menghabiskan waktu mereka di rumah karena pandemi Covid-19.

Sebelumnya WhatsApp juga berencana untuk mengintegrasikan Messenger Rooms di aplikasi. Messenger Rooms yang dikembangkan Facebook memungkinkan bagi 50 orang untuk bergabung dalam video call.

Menariknya, pengguna juga tidak diharuskan memiliki akun Facebook untuk bisa bergabung dalam panggilan Rooms. 

(Tin/Isk)