Sukses

Bagaimana Pengalaman Internet selama Pandemi Covid-19?

Penggunaan jaringan mobile pun sangat tinggi. Bahkan berdasarkan riset OpenSignal, koneksi jaringan WiFi di smartphone meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah mengubah manusia dalam banyak aspek, termasuk pengalaman menggunakan jaringan internet mobile di seluruh dunia.

Penggunaan jaringan mobile pun sangat tinggi. Bahkan berdasarkan riset OpenSignal, koneksi jaringan WiFi di smartphone meningkat.

Sementara di beberapa negara kecepatan internet justru berkurang karena tingginya penggunaan data.

Kendati demikian, selama beberapa pekan terakhir, banyak pengguna yang menyebut pengalaman internetnya perlahan mulai meningkat.

Lantas, bagaimana pengalaman internetan pengguna selama pandemi Covid-19?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan WiFi Menurun

Pemerintah sejumlah negara telah mulai melonggarkan pembatasan. OpenSignal pun melihat, penggunaan WiFi kian menurun, terutama di negara-negara Eropa dan Aisa.

Meski pemerintah telah melonggarkan PSBB atau lockdown di banyak negara, waktu terhubung ke WiFi tidak berkurang signifikan seperti sebelum pandemi.

Ini mengindikasikan orang-orang lebih banyak di rumah ketimbang sebelum pandemi.

Di Indonesia sendiri, terlihat penggunaan WiFi kian meningkat, dengan puncaknya pada 11-17 Mei.

3 dari 3 halaman

Kecepatan 4G Stabil di Banyak Negara

Sejak awal Mei, OpenSignal melihat, kecepatan internet mobile mulai meningkat, terutama di Italia, Malaysia, dan Qatar. Padahal sebelumnya, kecepatan download dengan 4G benar-benar parah di bulan Mei.

Kemudian di bulan April, kecepatan unduh dengan 4G hanya berubah relatif kecil di beberapa negara. Tercatat, operator seluler menawarkan layanan cukup tangguh selama pandemi.

Namun di beberapa negara memang ada penurunan kecepatan, karena peningkatan konsumsi data, serta perubahan lokasi dan waktu pengguna ketika mengakses internet.

Berdasarkan data OpenSignal, di Indonesia terlihat ada penurunan kecepatan unduh yang signifikan pada 23 Maret hingga 19 April. Meski begitu, kecepatan unduh pun membaik setelahnya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.