Sukses

Hore, Dua Astronaut NASA Berhasil Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Dua astronaut NASA Doug Hurley dan Bob Behnken telah tiba dan berhasil masuk ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Liputan6.com, Jakarta - Dua astronaut NASA Doug Hurley dan Bob Behnken telah tiba dan berhasil masuk ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Keduanya menumpang kapsul Dragon milik SpaceX yang diluncurkan menggunakan roket Falcon 9, sehari lalu dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Kapsul Dragon tiba di ISS dan tertambat di bagian haluan laboratorium yang mengorbit 422km di atas daratan Tiongkok.

Mengutip laporan BBC, Senin (1/6/2020), setelah dilakukan pemeriksaan suhu dan tekanan, dan kapsul dibuka, kedua astronaut NASA itu turun untuk bergabung dengan kru Rusia dan Amerika yang sebelumnya sudah ada di sana.

Berdasarkan informasi resmi, kapsul Dragon tiba dan tertambat di ISS pada pukul 14.16 GMT di hari Minggu. Wahana ini memerlukan waktu 19 jam untuk tiba di ISS, sejak peluncurannya menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Misi yang dijalani Hurley dan Behnken merupakan misi luar angkasa pertama AS dalam 9 tahun terakhir, tepatnya sejak 2011. Misi ini juga menandai dimulainya era baru, di mana NASA bakal membeli layanan transportasi dari sektor komersil.

Ke depannya, NASA tidak akan lagi memiliki dan mengoperasikan kendaraan luar angkasa Amerika untuk berangkat dan pulang dari ISS.

Dalam misi ini, NASA bekerja sama secara ekslusif dengan SpaceX yang bermarkas di Hawthorne, California, yang dipimpin oleh miliarder Elon Musk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambut Tiga Astronot dan Kosmonot di ISS

Bicara proses tertambatnya kapsul Dragon ke ISS, semuanya dilakukan dengan cara otomatis. Kedua astronaut tidak terlibat dalam operasional penambatan kapsul, meski begitu keduanya telah berlatih sejumlah cara penerbangan manual.

Perlu diketahui, pintu penghubung antara Dragon dan ISS terbuka pada pukul 17.02 GMT.

Ketika Hurley dan Behnken melayang di pintu tersebut, keduanya langsung disambut oleh komandan ISS dan sejumlah astronot yang ada di sana. Di antaranya ada astronaut NASA Chris Cassidy dan kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner.

"Kami sangat senang bisa tiba di sini dan Chris telah membagi pekerjaan. Semoga kami cocok dan tidak mengacaukan segalanya," kata Doug Hurley.

3 dari 3 halaman

Sempat Tidur 7 Jam

Sementara, Bob Behnken menyebut, keduanya sempat istirahat dengan cukup dan sudah siap dengan segala tugas yang bakal diemban.

"Kami sudah tidur sekitar 7 jam. Malam pertama memang ada sedikit tantangan, tetapi Dragon adalah kendaraan yang apik dan kami mendapatkan aliran udara yang baik," kata Behnken melalui sambungan radio dengan NASA di pusat kendali NASA di Houston, Texas.

Keduanya juga mendapatkan ucapan selamat dari Administrator NASA Jim Bridenstine atas keberhasilannya tiba dengan selamat di ISS.

"Seluruh dunia melihat misi ini dan kami sangat bangga atas segala yang kalian lakukan untuk negara ini, yang sangat menginspirasi dunia," katanya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.