Sukses

Huawei Siap Rilis Smartphone Layar Lipat Terjangkau Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone layar lipat baru untuk rilis tahun ini. Namun yang berbeda, smartphone ini disebut akan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (17/5/2020), informasi ini pertama kali diketahui dari CEO Display Supply Chain Consultants, Ross Young.  Menurut Ross, Huawei sedang mengembangkan beberapa model smartphone layar lipat. 

Dia mengatakan, Huawei sedang berusaha mengembangkan smartphone layar lipat dengan model clamshell dan in-folding yang mirip dengan Mate X.

"Dan kami memprediksi model in-folding ini akan rilis akhir tahun dan harganya cukup agresif," tuturnya.

Pernyataan agresif memang yang diutarakan Ross memang sedikit rancu, tapi sejumlah pihak menerka maksud perkataan itu adalah Huawei berani untuk memasang harga yang lebih terjangkau ketimbang pendahulunya.

Menurut sumber dari rantai pasokan komponen, Huawei juga dilaporkan sudah memesan 500 ribu unit komponen untuk perangkat ini. 

Kendati demikian, bukan berarti harga yang ditawarkan untuk perangkat layar lipat ini akan terjangkau seperti smartphone pada umumnya. Sebab, harga smartphone layar lipat sendiri sebenarnya masih sangat tinggi. 

Sebagai informasi, smartphone layar lipat Huawei Mate Xs dibanderol sekitar Rp 36 juta. Karenanya, apabila harga smartphone layar lipat anyar ini Rp 30 juta, perangkat itu dapat dikatakan lebih terjangkau dari pendahulunya. 

Huawei sendiri hingga saat ini belum berkomentar terkait kabar tersebut. Namun dari keterangan Ross, smartphone ini akan diperkenalkan pada September atau Oktober 2020, bersamaan dengan Mate 40.

2 dari 3 halaman

Laptop Premium MateBook X Pro Dijual Rp 30 Jutaan di Indonesia

Terlepas dari laporan itu, Huawei sendiri baru saja menghadirkan produk premiumnya di Indonesia. Selain mengumumkan tablet MatePad Pro, perusahaan pada hari ini juga merilis dua laptop premium yaitu MateBook X Pro dan MateBook D 14.

"Untuk produk laptop dan tablet kami, kami tetap setia pada misi kami untuk menghadirkan inovasi pengalaman baru dengan setiap iterasi," kata Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia, Lo Khing Seng, pada Senin (4/5/2020).

"Dari perangkat keras hingga perangkat lunak, kami telah membangun dan menciptakan terobosan yang akan semakin melengkapi ekosistem kami dan menghadirkan konektivitas tanpa batas yang belum pernah ada sebelumnya."

MateBook X Pro memiliki unibody logam mesin CNC dengan hasil akhir sandblasted premium, yang diklaim memberikan nuansa halus bila disentuh tangan. Notebook ini memiliki ketebalan 14,6 mm dengan berat 1,33 kg.

Laptop ini dilengkapi layar Ultra FullView berukuran 13,9 inci, yang mendukung resolusi 3K (3000x2000) dan 100 persen dari gamut warna sRGB. Layar Ultra FullView juga mendukung 10-point multi-touch dan Fingers Gesture Screenshot.

Huawei MateBook X Pro disokong chipset Intel Core i7-10510U dan i5-10210U generasi ke-10. Selain itu juga dilengkapi Nvidia GeForce MX250 yang berjalan pada 2GB GDDR5.

Huawei MateBook X Pro akan dijual seharga Rp. 30.999.000. Pre-order dapat dilakukan di JD.id sebagai saluran penjualan online eksklusif.

3 dari 3 halaman

Huawei MateBook D 14

Sementara MateBook D 14 memiliki layar berukuran 14 inci dengan tampilan FullView, dan rasio screen to body 84 persen. Laptop ini memiliki ketebalan 4,8 mm dengan dimensi 322.5mm x214.8mm x15.9mm.

Huawei membeli laptop ini dengan prosesor AMD Ryzen 7 3700U Mobile Processor dan GPU RX Vega 10 Graphics.

Kedua laptop Huawei ini dilengkapi dengan fitur Multi-Screen Collaboration yang merupakan bagian dari Huawei Share. Kehadiran Multi-Screen Collaboration ini memungkinkan pengguna mengirimkan dokumen lebih mudah antara laptop, tablet, dan smartphone.

Huawei Matebook D14 akan dijual seharga Rp. 11.499.000, dan konsumen bisa mendapatkan hadiah secara gratis hingga Rp. 2.200.000 yang terdiri dari Huawei Freelace, Backpack, dan akses gratis ke Office 365. Untuk pre-order dapat dilakukan di JD.id sebagai saluran penjualan online eksklusif.

Pre-order kedua produk ini dimulai pada 5 Mei 2020.

(Dam/Ysl)