Sukses

Zoom Akan Rekrut 500 Insinyur untuk Pusat Litbang Baru di AS

Liputan6.com, Jakarta - Zoom menyatakan berencana untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan (research and development center) di Phoenix dan Pittsburgh, AS dalam dua tahun ke depan.

Di sana, layanan video-conference yang popularitasnya meroket karena pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir ini akan merekrut 500 orang insinyur perangkat lunak (software engineer).

"Hari ini, sebagian besar staf insinyur kami yang berbasis di AS berada di San Jose, jadi langkah ini akan menjadi peluang sangat bagus untuk memperluas basis insinyur kami di seluruh AS," kata CFO di Zoom, Kelly Steckelberg, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (15/5/2020).

Memang, saat ini sebagian besar insinyur Zoom berbasis di San Jose, AS dan Tiongkok. Kelly mengatakan bahwa perusahaan sedang mencari kantor di dekat Arizona State University dan Carnegie Mellon University. Perusahaan berharap dapat menjaring insinyur lulusan dua universitas tersebut.

Kelly mengatakan perusahaan akan segera memulai proses rekrutmen. Setidaknya hingga bulan September mendatang, para insinyur baru ini akan bekerja dari rumah secara remote.

2 dari 4 halaman

Jadi Aplikasi Terpopuler pada April 2020

Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis laporan bulanan tentang aplikasi-aplikasi apa saja yang paling banyak diunduh selama April 2020.

Menurut laporan tersebut, Zoom menjadi aplikasi mobile yang paling banyak diunduh baik di App Store maupun di Google Play Store. Zoom diikuti oleh TikTok yang juga mendapat angka unduhan tertinggi di kedua toko aplikasi itu.

"Negara dengan angka unduhan Zoom tertinggi selama April 2020 adalah India, yang mencapai 18,2 persen dari total unduhan, diikuti Amerika Serikat dengan 14,3 persen," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst di Sensor Tower sebagaimana dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Secara akumulatif, angka unduhan aplikasi Zoom mencapai 131 juta pada April 2020. Angka itu mengalami peningkatan 60 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Adapun TikTok, aplikasi itu mencapai 107 juta unduhan baru pada April 2020. Dibandingkan dengan April 2019, angka itu mengalami pertumbuhan 2,5 kali lipat.

3 dari 4 halaman

Daftar Lengkap di App Store

  1. Zoom
  2. TikTok
  3. Google Meet
  4. Microsoft Teams
  5. Netflix
  6. Instagram
  7. YouTube
  8. Tax Report
  9. Facebook
  10. Google Classroom
4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap di Google Play Store

  1. Zoom
  2. TikTok
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Aarogya Setu
  6. Messenger
  7. Instagram
  8. Samsung Security Update
  9. Telegram
  10. Likee