Sukses

Instagram Gandeng GoFood Jadi Mitra Pengantar di Fitur Stiker Pesanan Makanan

Liputan6.com, Jakarta - Instagram menggandeng GoFood sebagai mitra pengantar dalam fitur stiker pesanan makanan.

Fitur di Instagram Stories ini sebelumnya dirilis untuk dukungan Instagram terhadap bisnis UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Dengan stiker pesanan makanan ini, pebisnis UMKM bisa meningkatkan penjualan di tengah pandemi.

Dalam keterangan resmi Instagram yang diterima Selasa (12/5/2020), Instagram menyediakan opsi pengantar makanan yang lebih banyak bagi pelanggan.

Instagram menambahkan opsi pengantaran GoFood di fitur stiker pesanan makanan untuk membantu pelaku bisnis UMKM (Foto: Instagram).

Instagram menambahkan mitra pengantar makanan pada stiker Pesanan Makanan di IG Stories. Jika sebelumnya opsi antar makanan hanya bisa dilakukan menggunakan GrabFood, kini pebisnis kuliner bisa memasukkan tautan bisnis mereka di layanan GoFood saat memakai stiker pesanan makanan.

Dengan stiker ini, pebisnis kuliner bisa mengajak follower untuk mengetuk tulisan tulisan 'Pesan' di Stories untuk langsung memesan di akun GoFood maupun GrabFood mereka.

Stiker pesanan makanan sendiri sudah tersedia untuk akun bisnis Instagram di perangkat Android maupun iOS.

2 dari 3 halaman

Luncurkan Stiker Gift Card di Indonesia

Tidak hanya itu, dalam usaha membantu UMKM, Instagram juga meluncurkan stiker gift card. Tujuannya untuk memasarkan voucher diskon dari bisnis pelaku UMKM.

Pelaku bisnis dapat menggunakan stiker ini di Stories, atau menambah tombol tindakan di profil bisnis.

Ketika follower mengetuk stiker ini di Stories atau di profil bisnis, mereka secara otomatis diarahkan ke laman mitra penyedia gift card Instagram.

Untuk menggunakan stiker ini, UMKM dapat bergabung dengan mitra penyedia gift card Instagram dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum pada situs resmi mitra Instagram.

Saat ini, Instagram bekerja sama dengan Support Local Brands, sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh Tada, Moka, dan Gojek untuk mengantisipasi dampak Covid-19 terhadap UMKM lokal melalui penjualan gift card atau voucher diskon.

Vice Presiden of the Global Business Group APAC Instagram Karen Teo mengatakan, pelaku UMKM merupakan salah satu bagian penting dari pengguna Instagram.

Instagram juga memahami tantangan yang dihadapi para pebisnis UMKM di masa sulit ini.

"Kami akan terus mengembangkan dan meluncurkan fitur-fitur serta inisiatif-inisiatif yang dapat menghubungkan UMKM dengan para pelanggan mereka untuk membantu mereka mempertahankan kelangsungan bisnis," katanya.

3 dari 3 halaman

Ekspresikan Dukungan ke Pelaku UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Instagram juga meluncurkan Stiker “Dukung Bisnis Kecil” sebagai cara baru dan mudah untuk pengguna mengekspresikan dukungan terhadap bisnis favorit mereka di Instagram.

Setiap Stories yang menggunakan stiker ini akan dikumpulkan menjadi sebuah Stories gabungan.

Dengan demikian, pengguna dapat melihat kumpulan UMKM favorit teman-teman mereka dan turut memberikan dukungan bagi mereka di tengah masa sulit ini.

(Tin/Ysl)