Sukses

Pengguna Berbayar Spotify Kini Sentuh Angka 130 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Spotify kini memang menjadi pemimpin di pasar layanan streaming musik. Bisa dibilang pesaingnya, yakni Apple Music, pun tumbuh dengan cukup baik meskipun agak di belakang Spotify.

Kini, menurut laporan kuartal I 2020, Spotify menyebut, mereka memiliki 130 juta pelanggan berbayar. Demikian sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (1/5/2020).

Angka 130 juta pelanggan berbayar ini meningkat sebesar 6 juta pelanggan ketimbang kuartal sebelumnya.

Spotify juga mengklaim, mereka memiliki 163 juta pengguna aktif bulanan yang mendengarkan iklan di sela layanan.

Di sisi lain, Spotify juga dapat dinikmati secara gratisan, tetapi di sela-sela lagu, mereka akan memutarkan iklan. Selain itu, pengguna gratisan juga harus puas dengan jumlah skip lagu yang dibatasi.

2 dari 3 halaman

Bisnis Tumbuh Meski ada Perlambatan Iklan

Pihak Spotify dalam laporan kuartalnya menyebut, "Terlepas dari ketidakpastian global karena Covid-19 di kuartal pertama, bisnis kami melampaui perkiraan untuk semua matrik utama."

"Untuk kuartal kedua dan sisa tahun ini, prospek kami untuk sebagian besar indikator kinerja utama kami tetap tidak berubah meski terdampak perlambatan iklan dan perubahan signifikan dalam nilai tukar mata uang," kata Spotify.

3 dari 3 halaman

Apple Kian Susah Susul Spotify

Sementara itu, Apple belum membagikan jumlah pelanggan berbayar mereka untuk Apple Music, namun berdasarkan data sebelumnya, jumlahnya kini sekitar 60 juta pelanggan.

Artinya, jumlah pelanggan berbayar Spotify kini dua kali lipat dibandingkan Apple Music. Jarak yang cukup jauh ini membuat Apple Music bakal sulit untuk menyamai.

(Tin/Why)