Sukses

Ingin Akun WhatsApp Aman dari Pembobolan? Yuk, Ikuti Verifikasi Dua Langkah Berikut

Agar akun WhatsApp kamu aman dari pembobolan, sebenarnya WhatsApp telah menyediakan sistem keamanan verifikasi dua langkah. Berikut ini caranya, gampang dan simpel.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini banyak pengguna WhatsApp yang melaporkan akunnya dibobol atau diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Salah satu kasus terbaru menimpa seorang aktivis bernama Ravio Patra.

Agar akun WhatsApp kamu aman dari pembobolan, sebenarnya WhatsApp telah menyediakan sistem keamanan verifikasi dua langkah.

Fitur tersebut memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan pengguna memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp.

Fitur ini dapat mencegah orang lain untuk mengakses akun WhatsApp kamu apabila kartu SIM dicuri atau dikompromikan.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Setelan/Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, kamu juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email.

Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi kamu tautan via email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika suatu saat Anda lupa PIN enam digit, dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun kamu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Klik Tautan Asing

WhatsApp tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengonfirmasikan akurat atau tidaknya. WhatsApp hanya merekomendasikan untuk memberikan alamat email yang akurat sehingga akun kamu tidak akan terkunci jika lupa PIN.

Perlu dicatat, jika kamu menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak memintanya, mohon jangan mengklik tautan tersebut. Seseorang (hacker jahat) mungkin sedang mencoba untuk memverifikasi nomor telepon kamu di WhatsApp.

Jika verifikasi dua langkah diaktifkan, nomor telepon kamu tidak akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak WhatsApp terakhir digunakan tanpa PIN. 

3 dari 3 halaman

Waktu 7 Hari

Jadi, jika kamu lupa PIN, tetapi sebelumnya tidak memberikan email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, kamu tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp.

Setelah 7 hari, nomor telepon kamu akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN, tetapi kamu akan kehilangan semua pesan tertunda setelah memverifikasi ulang (pesan tersebut akan dihapus).

Jika nomor kamu diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN setelah 30 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp, akun kamu akan dihapus dan akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang sukses dilakukan.

(Isk/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.