Sukses

Menkominfo: Akun Chatbot WhatsApp Soal Virus Corona Bernama Covid19.go.id

Pemerintah melalui Kemkominfo mengumumkan segera merilis chatbot WhatsApp terkait virus corona bernama Covid19.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengumumkan segera merilis chatbot WhatsApp terkait virus corona bernama Covid19.go.id.

"Kami bekerja sama dengan WhatsApp, Facebook, dan Telkom Grup sedang membangun chatbot Whatsapp dengan nama akun covid19.go.id. Untuk nomornya akan dipublikan secepatnya," kata Menkominfo Johnny G. Plate, Kamis (19/3/2020) melalui konferensi pers secara live di channel YouTube Kemkominfo TV.

Ia menjelaskan, publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk mendapatkan informasi secara interaktif terkait Covid-19 yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes.

"Sementara untuk sosialisasi chatbot WhatsApp ini akan dilakukan melalui media penyiaran, SMS blast, banner di media online, dan flyer," tutur Johnny menambahkan.

Ia memaparkan, Facebook dan WhatsApp juga memberikan komitmen kebijakan khusus untuk Indoesia dalam menyalurkan pesan blast terkait pandemik Covid-19.

"Kami akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast dari chatbot WhatsApp," tutup Johnny.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Ada di Indonesia dan Singapura

WhatsApp sendiri saat ini hanya memberikan kebijakan tersebut secara ekslusif kepada dua negara yaitu Indonesia dan Singapura.

Adapun chatbot dan pesan blast pada WhatsApp diharapkan bisa live trial mulai Jumat malam, 20 Maret 2020.

Pada kesempatan ini, Johnny menegaskan akun chatbot terkait informasi resmi pemerintah soal Covid-19 tidak ada di platform lainnya, termasuk Telegram.

"Ini eksklusif untuk WhatsApp, belum untuk platform lain termasuk Telegram," pungkasnya.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.