Sukses

Lalu Lintas Internet Saat Work from Home Melonjak 5-20 Persen

Sejumlah operator seluler mengklaim, ada kenaikan trafik data saat masyarakat beraktivitas di rumah dengan kenaikan bervariasi: 5 persen, 15 persen, hingga 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan belajar dan bekerja dari rumah (work from home) demi meminimalisasi penyebaran virus corona berdampak pada lalu lintas internet.

Sejumlah operator seluler mengklaim, ada kenaikan trafik data saat masyarakat beraktivitas di rumah.

Misalnya operator seluler XL Axiata yang menyebut, ada kenaikan trafik data sebesar 15 persen. Kenaikan trafik data itu terjadi di peak hour, yakni selama pukul 10.00 hingga 12.00 siang.

Sementara, Telkomsel menyebut, sejak imbauan pemberlakuan bekerja atau belajar dari rumah, trafik komunikasi mengalami lonjakan.

Dikatakan oleh Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, peningkatan komunikasi terutama terjadi trafik layanan data.

"Trafik payload layanan data meningkat hingga 5 persen dibanding hari normal. Sedangkan untuk trafik layanan voice dan SMS stabil seperti hari biasa," kata Denny, dalam keterangan Telkomsel, Rabu (18/3/2020).

Denny mengatakan, trafik layanan voice dan SMS masih stabil seperti hari biasanya. Adapun lonjakan trafik data dikontribusi wilayah Regional Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabotabek dan Sumatera Bagian Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trafik Data Tri Meningkat Sampai 20 Persen

Begitu pula dengan operator Tri Indonesia yang menyebut trafik layanan data pada Senin lalu naik ketimbang hari yang sama pekan sebelumnya.

"Trafik layanan konvensional seperti panggilan suara meningkat sebesar 5-10 persen dan trafik data meningkat sebesar 15-20 persen," kata Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia M. Buldansyah.

Dany lebih lanjut mengatakan, lonjakan trafik data ini memuncuk di luar jam sibuk, yakni pukul 06.00 hingga 12.00.

3 dari 3 halaman

WhatsApp Paling Banyak Dibuka

Tidak hanya itu, Tri Indonesia melihat, sejumlah aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan trafik data antara lain adalah WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Mobile Legend.

"Seperti yang kita tahu, WhatsApp bisa digunakan untuk melakukan conference call dan video call oleh mereka yang bekerja dari rumah," kata Dany.

Untuk itu, Tri selalu berupaya memastikan jaringan Tri Indonesia tetap andal untuk digunakan selama periode bekerja dari rumah diterapkan

Tri juga mengungkap, rata-rata penggunaan data untuk melakukan video call selama 30-60 menit dengan Google Hangouts adalah 3MB, dengan Zoom sebesar 90MB, dan dengan Webex adalah 750MB.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini