Sukses

Aplikasi Benchmark AnTuTu Hilang dari Google Play Store, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu pengguna smartphone Android pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi benchmark bernama AnTuTu.

Dipakai untuk aplikasi pembanding paling populer, pemilik smartphone dan tablet bisa mengetahui performa perangkat mereka dibandingkan yang lainnya.

Namun, ketiga aplikasi benchmark AnTuTu tiba-tiba raib dari toko aplikasi Google Play Store. Kenapa?

Dilansir Android Police, Senin (9/3/2020), alasan aplikasi ini tidak muncul dalam pencarian di Play Store terkait dengan pelanggaran kebijakan yang dilakukan oleh Cheetah Mobile, selaku pemilik aplikasi.

Adapun tiga aplikasi AnTuTu yang hilang dari Play Store, termasuk Antutu 3DBench, Antutu Benchmark, dan Altutu Benchmark.

Berdasarkan layanan analitik AppBrain, pembaruan terakhir untuk aplikasi benchmark AI terjadi pada 13 Februari, dan aplikasi lainnya pada 7 Februari.

Tidak diketahui kapan tepatnya aplikasi tersebut hilang dari Play Store, meskipun AnTuTusempat tersedia hingga 22 Februari.

 

2 dari 2 halaman

Alasan Google Hapus Semua Aplikasi Cheetah Mobile

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Seperti yang sudah disebutkan, AnTuTu merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Cheetah Mobile. Adapun Cheetah Mobile merupakan studio pengembangan aplikasi Android yang memiliki reputasi tidak jujur dan destruktif.

Mereka diketahui sering membeli aplikasi sukses dan mengubahnya menjadi mesin pengumpul data pengguna, dan memaksa pengguna menggunakan fitur in-app purchase (IAP) untuk dapat mengakses aplikasi.

Perusahaan juga sering berselisih dengan kebijakan Play Store lebih dari sekali, tetapi mampu menemukan jalan kembali ke platform.

Sepertinya Google sudah bosan dengan hal ini dan tampaknya telah memutuskan untuk melarang seluruh produk yang dimiliki atau dikembangkan oleh Cheetah Mobile.

(Ysl/Isk)

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah