Sukses

Perbandingan Paket Internet Unlimited Smartfren, Indosat Ooredoo, dan Tri

Liputan6.com, Jakarta - Tren konsumsi data kian berkembang seiring dengan generasi milenial yang doyan streaming video, musik, dan gim online.

Sejumlah operator seluler pun menawarkan paket internet unlimited untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, kamu jangan gampang tergoda dulu dengan embel-embel unlimited.

Pasalnya, tak semua operator seluler rela memberikan kuota internet 'tanpa batas' sepenuhnya. Sesuai namanya, internet unlimited harusnya benar-benar tidak terbatas saat pengguna mengakses semua aplikasi, terlebih tertera jumlah kuota.

Untuk diketahui, saat ini ada tiga operator seluler di Indonesia yang menawarkan paket internet unlimited, yaitu Smartfren, Indosat Ooredoo, dan Tri.

Mana yang benar-benar kasih internet unlimited? Yuk, kita kupas satu per satu.

2 dari 4 halaman

Smartfren

Mulai dari paket internet unlimited dari tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian, Smartfren menawarkan harga dari Rp 9.000 sampai Rp 100.000. Tergantung dari masa berlakunya.

Pelanggan paket unlimited Smartfren diberikan akses menelepon gratis tanpa batas ke sesama pengguna dan menelepon gratis ke nomor pelanggan operator lain untuk beberapa menit.

Paket ini juga menawarkan beragam pilihan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari batas pemakaian wajar 500MB (pemakaian dalam sehari) seharga Rp 50.000 per bulan, 1GB (pemakaian dalam sehari) Rp 75.000 per bulan, hingga 1,5GB (pemakaian dalam sehari) dengan harga Rp 100.000 per bulan.

Berapa pun batas pemakaian yang kamu pilih, kamu enggak perlu khawatir karena batas ini akan refresh setiap harinya. Jadi, kamu enggak perlu panik internet tidak bisa dipakai di tengah bulan.

Smartfren juga tidak membagi-bagi penggunaan paket internet unlimited untuk aplikasi tertentu.

Artinya, semua kuota yang diberikan bisa digunakan, baik untuk mengakses aplikasi Youtube, Grab, Gojek, Spotify, Joox, WhatsApp, Facebook, atau Instagram, termasuk mengecek email, browsing web, dan streaming.

 

3 dari 4 halaman

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo menawarkan paket internet unlimited bernama Unlimited 3GB. Harganya Rp 62.000 jika dibeli di toko retail, sedangkan pembelian melalui e-commerce harganya lebih murah Rp 1000 sampai Rp 2000, belum termasuk ongkir.

Data internet utama yang bisa digunakan adalah 3GB, dengan bonus data sebanyak 15GB (namun hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu). Antara lain WhatsApp, Facebook, Twitter, dan FB Messenger. Ada juga aplikasi streaming seperti Youtube, Spotify, dan Joox.

Semua itu memiliki batas pemakaian wajar (15GB per bulan). Jika pengguna melebihi batas pemakaian tersebut, kecepatan internet yang diperoleh pengguna akan turun ke 128Kbps.

Misalnya, kamu akan menghabiskan kuota 1,2GB-1,4GB untuk menonton satu video HD selama 1 jam, berarti kamu hanya bisa menonton video di YouTube sebanyak 10 jam selama sebulan. Jika melewati batasan itu, maka kuota utama kamu sebesar 3GB akan terpakai.

Soal kecepatan, Indosat Ooredoo juga menerapkan syarat untuk bisa menikmati YouTube dengan paket Unlimited 3GB itu. Indosat menekan kecepatan akses internet untuk aplikasi 'gratis' tersebut hanya sampai 128Kbps.

Paket internet unlimited yang ditawarkan Indosat Ooredoo pun hanya bisa dinikmati oleh pelanggan yang tercatat aktif maksimal pada 31 Oktober 2019. Jadi, tak berlaku untuk pelanggan baru.

4 dari 4 halaman

Tri

Tri menawarkan AlwaysOn Unlimited 6GB dengan harga Rp 55.000, yang mana di dalamnya ada dua kuota. Pertama adalah kuota++ 6Gb sebagai kuota utama.

Kuota utama ini memiliki kelebihan masa berlaku yang panjang mengikuti masa berlaku kartu. Jadi, kuota ini bisa terakumulasi dan dipakai hingga jangka waktu tahunan, tidak seperti kuota biasa yang kadaluarsa setelah satu bulan.

Kuota tersebut bisa digunakan di seluruh jaringan Tri di Indonesia. Kedua adalah kuota unlimited, yang mana dapat digunakan dari jam 01.00 hingga jam 17.00.

Kuota unlimited diberikan 2GB setiap hari, sesuai dengan batas pemakaian wajar. Kuota unlimited ini akan diperbaharui/refresh setiap harinya, sehingga kamu enggak perlu khawatir tidak bisa menggunkannya di tengah bulan.

Rata-rata pemakaian wajar setiap pelanggan adalah 500MB per hari. Jika kamu melewati batas pemakaian wajar tersebut, kecepatan akses internetnya akan dikurangi menjadi 256Kbps.

Semua kuota yang diberikan bisa digunakan untuk aplikasi apa saja, baik aplikasi Youtube, Grab, Gojek, Spotify, Joox, WhatsApp, Facebook, Instagram, Netflix, atau Amazon Prime Video sekali pun, termasuk memeriksa email atau browsing web.

(Isk/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Smartfren Belum Uji Coba Pemblokiran IMEI
Artikel Selanjutnya
Digelar April, Smartfren WOW Concert 2020 Gandeng BCL, Dewa 19 sampai Didi Kempot