Sukses

Google Akhiri Dukungan untuk Deretan Aplikasi Chrome Mulai Juni 2020

Liputan6.com, Jakarta - Google mengumumkan jadwal penghentian dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di semua platform. Dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome akan berakhir mulai Juni 2020.

Dilansir dariĀ The Verge, Jumat (17/1/2020), aplikasi Chrome merupakan aplikasi berbasis web yang bisa dipasang di Chrome. Tampilan dan fungsinya mirip seperti aplikasi yang ada di desktop.

Beberapa aplikasi Chrome yang sudah dipasang kemungkinan akan dialihkan ke web seperti kebanyakan aplikasi-aplikasi Google lainnya. Ekstensi Chrome yang berbeda dari aplikasi-aplikasi Chrome, akan tetap berfungsi dengan baik.

Google pertama kali mengumumkan rencana penghentian dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Windows, macOS, dan Linux, pada 2016. Hal ini disebabkan hanya sekira satu persen pengguna platform itu yang aktif menggunakan layanan-layanan tersebut.

Terkait dengan keputusan Google, pengguna Windows, macOS, dan Linux harus bersiap karena dalam waktu dekat tidak akan lagi bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Chrome.

2 dari 2 halaman

Jadwal Akhir Dukungan

Google akan menghentikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome secara bertahap. Berikut rinciannya:

- Maret 2020: Chrome Web Srore akan berhenti menerima Chrome Apps baru. Para pengembang masih bisa memperbarui aplikasi Chrome yang ada hingga Juni 2022.

- Juni 2020: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Windows, Mac, dan Linux. Para pengguna yang memiliki Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrde akan memiliki akses untuk memperpanjang dukungan hingga Desember 2020.

- Desember 2020: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Windows, Mac, dan Linux.

- Juni 2021: Akhir dukungan untuk Google Native Client (NaCI), PNaCI, dan PPAPI API.

- Juni 2021: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Chrome OS. Konsumen yang memiliki Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade akan memiliki akses untuk memperpanjang dukungan hingga Juni 2022.

- Juni 2022: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Chrome OS bagi semua konsumen.

(Din/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Pixel 5 Bakal Punya Fitur Reverse Wireless Charging
Artikel Selanjutnya
Google Hapus Ratusan Aplikasi Bermuatan Iklan Mengganggu