Sukses

5 Trik Bikin Baterai Smartphone Lebih Awet dan Bebas dari Powerbank

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, kemampuan dan tugas yang dilakukan smartphone Android kian berat setiap harinya.

Tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi, smartphone saat ini sudah menjadi perangkat kerja yang dapat dibawa kemana-mana oleh penggunannya.

Karena hal tersebut, kebutuhan perangkat dengan layar yang makin besar dan prosesor mumpuni pun sudah menjadi kewajiban.

Sayangnya, kondisi itu tidak didukung dengan inovasi di bidang baterai, sehingga tidak banyak perubahan yang ditawarkan dari sisi sumber daya.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk menghemat penggunaan baterai yang kian boros.

Nah, berikut ini lima tips jitu agar baterai smartphone Android kamu lebih awet dan tidak selalu bergantung pada powerbank seperti dikutip dari Make Use Of, Minggu (12/1/2020).

 

2 dari 6 halaman

1. Batasi Penggunaan Lokasi di Aplikasi

aplikasi berbasis gps. ilustrasi: freepik

Salah satu tips yang kerap disarankan untuk menghemat baterai adalah mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Kendati demikian, cara tersebut sebenarnya tidak berakibat banyak.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mengontrol penggunaan lokasi di aplikasi. Maksudnya, kamu membatasi pembacaan posisi yang dilakukan oleh sebuah aplikasi di smartphone Android.

Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka menu 'Settings' dan pilih 'Location'. Setelah itu, pilih 'device only' atau 'phone only' di bagian metode lokasi. Ada baiknya kamu juga menonaktifkan pemindai WiFi dan bluetooth.

3 dari 6 halaman

2. Matikan Wi-Fi Otomatis

WiFI Selalu Aktif / Sumber: iStockphoto

Sejak update Oreo, Android kedatangan fitur yang memungkinkan pemindaian Wi-Fi berjalan otomatis, meski dalam keadaan mati. Karenanya, kamu harus mematikan fitur ini.

Untuk melakukannya, kamu tinggal buka 'Settings', lalu 'Network & Internet', dan pilih 'Wi-Fi'. Di bagian bawah 'Wi-Fi preferences', kamu tinggal mematikan opsi 'Turn on Wi-Fi automatically'.

 

4 dari 6 halaman

3. Pakai Dark Mode di Aplikasi

Tampilan pencarian Google di Chrome dengan mode gelap di Android (Sumber: Liputan6.com/Nisa Mutia Sari)

Apabila smartphone-mu memakai layar OLED, latar bertema hitam atau mode gelap (dark mode) dapat meningkatkan daya tahan baterai.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar smartphone tampil lebih hitam. Pertama, kamu dapat menggunakan wallpaper hitam. Selain itu, aktifkan pula fitur dark mode yang kini sudah ada di sejumlah aplikasi.

Jika memungkinkan, kamu dapat menerapkan dark mode secara keseluruhan di smartphone yang sudah mendukung.

5 dari 6 halaman

4. Pantau Aplikasi dengan Aktivitas Berlebihan

Ilustrasi isi daya baterai ponsel.

Baterai smartphone kamu dapat dengan mudah habis jika ada aplikasi yang tidak berjalan seperti seharusnya.

Biasanya, hal itu terjadi karena ada bug atau fitur aplikasi yang terlalu agresif berjalan di background.

Oleh sebab itu, kamu perlu memantau aplikasi mana yang terlalu banyak menyedot baterai dengan membuka 'Settings', pilih 'Battery', 'Menu', dan 'Battery Usage'.

Jika ada aplikasi dengan konsumsi baterai yang mencurigakan dan tidak digunakan, ada baiknya hapus aplikasi tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Facebook Lite, tumbuh lebih pesat dibanding aplikasi Facebook.

Metode lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi versi Lite. Seperti diketahui, saat ini beragam aplikasi kenamaan memiliki versi yang lebih ringan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu dapat menghemat pemakaian baterai karena memang aplikasi tersebut sudah didesain lebih ramah konsumsi daya dan data ketimbang versi standar.

(Ysl/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Desain Samsung Galaxy Z Bocor, Mirip Smartphone Layar Lipat Bikinan TCL
Artikel Selanjutnya
Lolos TKDN, Samsung Galaxy Z Flip Segera Rilis di Indonesia