Sukses

Rahasia di Balik Pertumbuhan Startup Warung Umat

Liputan6.com, Jakarta - Startup yang berfokus pada penyediaan kebutuhan keluarga Muslim, Warung Umat, menyebut telah tumbuh pesan dalam waktu tiga bulan saja.

Warung Umat mengklaim telah berhasil menunjukkan eksistensinya sebagai startup dengan jaringan ribuan reseller yang siap membantu ibu-ibu berjualan produk-produk berkualitas. Selain itu, tersedia pula dukungan Team Academy dari Warung Umat.

Di bisnis ini Warung Umat memosisikan diri sebagai jembatan antara brand (produk) dengan ribuan jaringan mitra reseller.

Beberapa hal yang Warung Umat tawarkan kepada reseller adalah akses terhadap ratusan produk Muslim dan diskon hingga 40 persen untuk setiap transaksi penjualan. Bagi pemilik brand, produk mereka akan lebih mudah terjual dengan bantuan mitra reseller Warung Umat.

CMO Warung Umat, Alwin Agustian, telah menargetkan pertumbuhan jumlah mitra reseller mencapai sekitar seribu reseller per bulan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika dalam kurun waktu tiga bulan perusahaan bisa menjual lebih dari lima puluh ribu produk.

Kemudian CEO Warung Umat, Ivan Noor, membeberkan rahasia di balik pertumbuhan cepat perusahaan. "Pencapaian perusahaan saat ini disebabkan oleh 5P, yaitu Product, People, Price, Place/Distribution, dan Promotion," kata Ivan dalam keterangannya kepada Tekno Liputan6.com.

2 dari 2 halaman

5P

Product

Kepuasan pelanggan menjadi prioritas Warung Umat, sehingga perusahaan sangat memerhatikan kualitas produk. Oleh karena itu, tim kurasi di Warung Umat selalu memastikan standar kualitas produk yang diterima dan bisa dijual di Warung Umat.

People

Pelayanan terbaik juga menjadi fokus Warung Umat. Ramah, sabar, dan ceria adalah nilai dari layanan pelanggan di Warung Umat.

Price Range

Harga produk yang ditawarkan juga terbilang terjangkau di kisaran Rp 50 hingga 200 ribuan. Tersedia pula diskon hingga 40 persen bagi mitra reseller.

Place / Distribution

Kejelian dalam membidik segmen pasar yang tepat juga berperan penting dalam pertumbuhan Warung Umat.

Mengenai hal ini, secara spesifik targer pasar Warung Umat adalah keluarga Muslim di rentang usia 26 hingga 35 tahun yang ingin membeli kebutuhan produk keluarga Muslim berkualitas sekaligus ingin ikut bersedekah. Adapun target reseller adalah Ibu Rumah Tangga di rentang usia 20 hingga 30 tahun di seluruh Indonesia.

Promotion

WarungUmat menawarkan sejumlah keuntungan seperti akses terhadap ratusan macam produk muslim best seller, diskon hingga 40 persen, skema dropship, free training jualan dari Team Academy, reward jualan, gratis situs web untuk berjualan, serta kehadiran komunitas Mompreneur Warung Umat

"Itulah mengapa Warung Umat dapat tumbuh dengan pesat. Dengan konsistensi untuk terus mengoptimalkan semua hal ini, tidak mustahil jika Warung Umat dapat menjadi platform jaringan penjual produk keluarga Muslim terbesar di Indonesia", tutup Ivan.

(Why/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Dalam 3 Hari, Startup ini Raup Rp 2 Miliar dari Jualan Paket Umrah
Artikel Selanjutnya
3 Masalah Besar yang Dihadapi Startup Teknologi Indonesia