Sukses

Rahasia Videografer Handal Berasal dari Deretan Peralatan Canggih Ini, Lihat Nomor 8!

Untuk menjadi videografer handal harus melengkapi diri dengan penguasaan teknik videografi dan peralatan yang memadai.

Liputan6.com, Jakarta Sejalan dengan tren fotografi yang meningkat, Videografi juga ikut tumbuh pesat di kalangan anak muda zaman sekarang. Semakin banyak anak muda yang menjadi seorang videografer baik masih pemula maupun sudah level profesional.

Menjamurnya para videografer ini tidak lepas dari tren vlog atau video blog yang berkembang pesat. Hampir setiap orang yang memiliki channel youtube maupun instagram bisa menjadi seorang videografer, dari merekam hingga menyunting.

Meskipun menjadi videografer tidak serumit zaman dulu yang harus dikelilingi banyak kru dan alat, untuk menjadi videografer handal tetap harus melengkapi diri dengan penguasaan teknik videografi dan peralatan yang memadai. Seperti di bawah ini;

1. Kamera

Kamera sudah tentu jadi alat pertama yang wajib kamu siapkan untuk menjadi seorang videografer dan merekam aktivitas. Mulai dari kamera DSLR, mirrorless, hingga smartphone, masing-masing punya ukuran serta keunggulan yang berbeda. Tergantung kemampuan kamu juga untuk membeli.

2. Lensa

Lensa memegang peranan penting untuk membuat video yang menarik dan berkualitas. Umumnya ada 6 jenis lensa kamera yang biasa digunakan seorang videografer. Kamera DSLR dan mirorrles memiliki lensa kit (standar) bawaan pabrik. Lensa Tele, Macro, Fixed (Prime), Wide Angle, dan Fisheye. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan untuk mendapatkan gambar yang diinginkan.

3. Tripod dan Stabilizer

Agar video yang bisa dinikmati dengan nyaman, rekaman selalu stabil dan tidak goyang, kamu perlu menggunakan tripod dan stabilizer. Kedua peralatan ini membantu kamu mengambil angle yang dirasa sulit dan meminimalisir guncangan.

 

Jika tripod kerap digunakan sebagai dudukan atau penyangga kamera dengan minim gerakan, maka stabilizer membantu kamu merekam gambar sambil bergerak tanpa khawatir banyak guncangan.

4. Lighting

Untuk mendapatkan cahaya yang bagus, selain settingan kamera, kamu juga tetap memerlukan lightning. Apalagi kalau dalam keadaan kurang cahaya seperti di malam hari, indoor atau cuaca mendung. Ada dua jenis lightning yang bisa Anda gunakan, yang menempel dengan kamera atau terpisah. Kalau terpisah butuh orang lain untuk memegangnya.

5. Microphone

Untuk menghasilkan video yang bagus, seorang videografer juga membutuhkan microphone untuk merekam suara objek agar lebih fokus. Tanpa microphone akan membuat suara yang ada disekitar objek bisa masuk dan menghasilkan noise (gangguan). Ada tipe clip on, shotgun mic, dan boom mic.

6. Memory card

Kamera DSLR dan Mirrorles membutuhkan memori untuk bisa menyimpan rekaman kamu. Tanpa memori, video tidak dapat disimpan berbeda dengan smartphone yang memiliki memori internal. Miliki memori.

7. PC atau Laptop dan Software editing

Setelah semua momen dan adegan terekam, seorang videografer membutuhkan PC atau laptop yang sudah dilengkapi software editing untuk mengolah video sebelum dipublish.

8. Smartphone OPPO Reno2

Ini dia peralatan yang wajib dimiliki seorang videografer masa kini. Mengesampingkan 7 peralatan lainnya bisa saja dilakukan, jika Anda memiliki smartphone canggih. Kamera dan lensa berkualitas sesuai kebutuhan, stabil dalam mengambil gambar, bisa menghasilkan video yang bagus di situasi yang minim cahaya, hingga memiliki memori dan fitur editing yang cukup.

Tidak banyak smartphone yang bisa mengakomodir kebutuhan seorang videografer, ada saja 1 atau 2 fitur penting yang tidak dimiliki. Untuk smartphone yang komplit dan cocok bagi seorang Videografer, kamu bisa melirik OPPO Reno2, smartphone Series Reno terbaru dari OPPO.

OPPO Reno2 memiiki fitur-fitur videografi lengkap untuk mendukung kamu menghasilkan video cinematic dan enak ditonton. OPPO Reno2 memiliki fitur Ultra Steady Video yang memungkinan pengguna mereka video dengan sangat stabil hanya dengan menekan satu tombol.

 

Hasil rekaman stabil berkualitas dari OPPO Reno2 ini berkat Quad Camera (konfigurasi 4 kamera belakang) sudah tersemat gyroscope dan OIS + EIS (Optical Image Stabilization + Electronic Image Stabilization) serta dukungan sensor IMU untuk memaksimalkan stabilitas perekaman video dengan baik.

Quad Camera OPPO Reno2 terdiri dari Kamera Utama 48MP + 8MP Ultra Wide Angle Lens 116° + 13MP Telephoto Lens + 2MP Mono Lens.

Untuk bisa mendapatkan sudut rekaman yang lebih luas, kamu bisa mengandalkan fitur Ultra Wide Angle Video. Sudut pandang rekaman video menjadi lebih luas hingga 116° pada resolusi 8MP. Sementara untuk lebih dekat ke objek tanpa mendekati, kamu bisa gunakan fitur Video OPPO Reno2  beresolusi 13MP bisa melakukan 5x Hybrid Zoom pada perekaman video. Cocok sekali untuk kegiatan extreme sport dan menangkap pemandangan epik yang sulit dijangkau.

Ingin video lebih cinematic? Kamu bisa mengandalkan fitur Deep Bokeh Video yang dimiliki OPPO Reno2. Fitur ini memungkinkan perekaman video fokus pada objek utama saja. Fitur ini disematkan pada kamera utama dan kamera depan, tingkat keburaman antara latar belakang dan objek utama pun dapat diatur sesuai keinginan secara langsung.

OPPO Reno2 semakin menjadi pendamping yang sangat pas untuk para videografer baik itu pemula maupun profesional karena OPPO Reno2 memiliki kapasitas RAM 8GB dan ROM 256GB serta baterai besar 4000mAh lengkap dengan VOOC 3.0. Fitur-fitur unggulan lainnya dari OPPO Reno2 dapat kamu ketahui di sini.

Saksikan cuplikan perjalanan OPPO Indonesia menjelajahi Malang-Bromo yang semuanya diabadikan menggunakan #OPPOReno2!

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OPPO Indonesia (@oppoindonesia) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini