Sukses

Begini Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dipungkiri, kemampuan hardware di smartphone semakin tangguh setiap tahunnya. Sejalan dengan hal tersebut, wajar bilamana semakin banyak judul gim di smartphone memikat gamer dengan tampilan grafis kelas atas.

Seperti kebanyakan gamer lainnya, kamu juga pasti ingin memamerkan keterampilan bermain gim di depan orang lain atau ke layanan berbagi video, seperti YouTube atau Twitch.

Untuk melakukan hal tersebut, banyak gamer yang mengandalakan aplikasi screen recorder dari pihak ketiga. Padahal, Google sendiri sudah menyertakan fitur tersebut di Play Games.

Nah, penasaran bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini di perangkat Android kamu? Cek triknya berikut ini.

1. Pastikan kamu memiliki aplikasi Google Play Games (bukan Play Store) dan YouTube terlebih dahulu.

2. Usai itu, kamu perlu masuk ke aplikasi Play Games dan memilih gim yang ingin kamu rekam. Lanjutkan dengan mengklik ikon gim tersebut (bukan tekan "Play").

Fitur screen recorder di Google Play Games. (Doc: Lifewire)

3. Ketika sudah masuk ke laman gim, tekan ikon kamera yang terdapat di bagian atas layar perangkat Android.

2 dari 2 halaman

Bisa Pilih Kualitas Hasil Video

Fitur di Google Play Games. (Doc: Lifewire)

4. Kamu akan diberikan opsi untuk memilih kualitas video yang akan direkam. Terdapat opsi "720p HD" dan "480p SD" beserta estimasi waktu perekaman sesuai dengan kapasitas penyimpanan perangkatmu.

5. Saat mulai merekam, akan muncul bubble yang menunjukan kamera depan perangkat kamu aktif.

Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan ekspresi mukamu ketika sedang bermain gim. Tidak hanya itu, microphone juga sudah secara otomatis aktif. Untuk mematikan kedua fitur ini, kamu hanya perlu menekan ikon microphone dan kamera.

6. Tekan tombol rekam untuk memulai, dan akan ada hitungan mundur selama tiga detik. Proses perekaman tidak akan berhenti walaupun kamu keluar dari gim, untuk mematikannya kamu hanya perlu menekan kembali tombol rekam.

7. Apabila sudah selesai merekam, videonya akan tersimpan di memori internal. Kamu dapat mengedit video dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau YouTube.

(Keenan Pasha/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
EVOS Esports Tergusur dari Arena of Valor International Championship 2019
Artikel Selanjutnya
Ada Celah Keamanan di Android, Aplikasi Kamera Bisa Diretas