Sukses

Akari Rilis Smart TV dengan SmartConnect, Hubungkan TV dan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Produsen televisi lokal Akari merilis smart TV terbaru yang memiliki fitur SmartConnect. SmartConnect merupakan fitur yang menghubungkan antara smartphone dengan televisi menggunakan teknik screen mirroring.

Dengan begitu, pengguna smartphone bisa menghubungkan perangkat mereka kemudian menikmati semua konten di TV Akari. Misalnya saja, pengguna bisa menikmati tayangan YouTube, Hooq, Netflix, hingga aplikasi gim dan dokumen.

Ada tiga pilihan ukuran layar TV Akari SmartConnect yang diluncurkan, antara lain ukuran 32 inci, 40 inci, dan 43 inci. Perangkat ini mulai dijual secara pre-sale ekslusif di Blibli.com mulai 1-15 November 2019.

Soal harga, TV 32 inci dibanderol Rp 1.699.000, sementara ukuran 40 inci dijual Rp 2.499.000, dan ukuran 43 inci dijual Rp 3.499.000.

CEO PT Akari Indonesia, Kenny Kwe, mengatakan, kehadiran TV Akari SmartConnect ini dilatarbelakangi oleh berbagai kendala pengguna saat memakai televisi pintar.

Antara lain, kata Kenny, adalah membutuhkan akses hotspot unlimited, kesulitan untuk pengetikan, pengguna harus membuat akun di televisi, harus mengunduh berbagai aplikasi, sampai ke pengguna yang tidak familiar dengan smart TV.

Ketidakramahan terhadap pengguna itulah yang membuat konsumen pembeli smart TV kebanyakan hanya memakai smart TV selayaknya televisi biasa.

Kenny memaparkan data dari APJII, saat ini dari 270 juta penduduk Indonesia, sudah lebih dari 67 persen menggunakan smartphone. Dari angka tersebut, separuhnya telah menggunakan internet.

2 dari 3 halaman

Belum Dimanfaatkan Maksimal

Smart TV Akari SmartConnect yang mampu terhubung dengan mudah ke smartphone. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Namun, menurut data dari Ditjen SDPPI Kemkominfo, dari jumlah total televisi yang beredar sekarang, hanya 20 persen yang merupakan smart TV. Itupun hanya 2 persen dari pengguna yang benar-benar memanfaatkannya.

"Karena kesulitan-kesulitan di atas, smart TV pun hanya seperti televisi biasa. Sementara, smartphone lebih praktis, bisa terhubung internet dan bisa dipakai dengan mudah untuk mengetik," kata Kenny di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Kenny menuturkan, televisi selama ini masih merupakan sebuah media, sementara semua yang dibutuhkan pengguna ada di smartphone.

"Ujung-ujungnya, smart TV yang ada di pasaran itu penggunaannya oleh konsumen tidak maksimal, padahal harga jauh lebih mahal dibandingkan televisi biasa," kata Kenny.

Untuk itulah, Akari melakukan riset dan mengembangkan televisi pintar yang juga dibekali dengan fitur SmartConnect.

 

3 dari 3 halaman

Fitur SmartConnect

Smart TV Akari SmartConnect yang mampu terhubung dengan mudah ke smartphone. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kenny memaparkan, teknologi SmartConnect akan memaksimalkan kemampuan smartphone pengguna. Pasalnya, smartphone memiliki kemampuan micro prosesor dan tempat penyimpanan yang besar dan jauh lebih unggul dari smart TV.

Kenny optimistis teknologi yang ada di TV SmartConnect ini akan menjadikan Akari lebih superior ketimbang smart TV lainnya di pasaran.

"Bahkan, televisi ini bisa digunakan untuk keperluan presentasi karena dapat terhubung dengan laptop tanpa kabel dan hotspot wifi," kata Kenny.

Lebih lanjut, menurut Kenny, Akari SmartConnect TV didukung dengan colour prosesor V52 yang membuat warna lebih tajam dan 3D animasi yang membuat gambar animasi lebih hidup.

Kenny menambahkan, televisi Akari dibekali dengan garansi LCD hingga 5 tahun lamanya.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Rilis Smart TV UHD Entry Level Terbaru, Hadir dengan Bixby Assistant
Artikel Selanjutnya
Pengguna Smart TV Samsung Anyar Kini Dapat Akses Vidio Premier Platinum Gratis