Sukses

Mi Watch, Jam Pintar Pertama Xiaomi Bakal Mirip Apple Watch?

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa lalu produk-produk Xiaomi memiliki kemiripan dengan Apple. Kini, Xiaomi dikabarkan akan merilis smartwatch pertamanya pada 5 November 2019, yang digadang-gadang memiliki kemiripan dengan Apple Watch.

Kemiripan ini diketahui berdasarkan gambar dan video teaser yang dirilis Xiaomi melalui jejaring sosial Weibo awal pekan ini.

Sebagaimana dikutip dari The Verge, Sabtu (2/11/2019), smartwatch milik Xiaomi ini memiliki bentuk layar kotak persegi panjang yang dianggap sangat identik dengan Apple Watch.

Kemudian di tiap sisinya, tampak sudut-sudut yang agak melingkar serta tombol mirip mahkota yang sepertinya dapat diputar. Kemudian di sisi tombol mahkota itu, terdapat sebuah tombol yang bentuknya lebih pipih.

Kedua tombol ini dianggap sangat mirip dengan tombol di Apple Watch. Meski begitu, tampilan jam pintar ini tampak lebih tebal dan agak kurang bulat dibandingkan Apple Watch 5 Series.

Selain itu, tali jamnya juga tidak terlalu ramping. Namun bagi orang awam, mereka bisa saja mengenali smartwatch Xiaomi ini sebagai Apple Watch.

Saat ini belum diketahui apa nama yang diusung Xiaomi untuk smartwatch mereka. Namun 9to5Google menemukan smartwatch milik Xiaomi ini adalah Mi Watch. Informasi tentang nama ini diketahui dari kode pembaruan aplikasi Wear OS terbaru. Maka dari itu, kemungkinan namanya adalah Mi Watch.

2 dari 3 halaman

Fitur Mi Watch

Bicara fitur, smartwatch terbaru Xiaomi ini digadang-gadang memiliki dukungan Wi-Fi, GPS, NFC, dan Bluetooth.

Tak ketinggalan, Mi Watch diperkirakan akan didukung oleh teknologi eSIM, sehingga bisa dipakai untuk membuat panggilan.

Perangkat ini didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon Wear 3100 yang sebelumnya dipakai di berbagai perangkat dengan versi Wear OS terbaru.

Amazfit

Sebelumnya pada tahun lalu, mitra ekslusif sekaligus pemasok Xiaomi untuk produk wearable Huami membuat merek smartwatch bernama Amazfit pada tahun lalu.

Dari segi desain, perangkat ini mirip dengan Apple Watch.

Xiaomi sendiri juga merupakan investor untuk Huami. Sayangnya masih belum jelas apakah Huami akan jadi pemasok untuk Mi Watch atau bukan. 

3 dari 3 halaman

Bukan Hal Baru Xiaomi Ikuti Apple

Bagi Xiaomi, mengikuti desain produk-produk Apple bukanlah hal baru. Selama beberapa tahun terakhir, desain sejumlah produk Xiaomi seringkali memiliki kemiripan dengan desain produk Apple.

Sebut saja wireless headphone milik Xiaomi, AirDots, yang sangat mirip dengan AirPods.

Bahkan, Xiaomi juga tampaknya meniru perubahan warna background padang pasir pada MacOS Mojave.

Tidak hanya itu, Xiaomi secara tidak sengaja juga menggunakan iklan Apple Memoji ketika mempromosikan rival Memoji, yakni Mimoji.

Bahkan sang CEO Xiaomi Lei Jun juga meniru gaya pakaian yang dipakai founder Apple Steve Jobs, yakni kaos dengan turtleneck, hingga kata-kata "one more thing."

(Tin/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Dalam Setahun, Kekayaan CEO Xiaomi Merosot Rp 45 Triliun
Artikel Selanjutnya
Daftar 12 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 11