Sukses

Ini Alasan Apple Wajib Pakai USB Type C di iPhone 2020

Liputan6.com, Singapura - Apple baru saja melepas trio iPhone 11 ke sejumlah negara pada 20 September 2019. Pengguna setia iPhone pun menyambut suka cita kehadiran iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Tampil dengan beragam kecanggihan yang Apple tawarkan, nyatanya beberapa pengguna iPhone masih merasa belum puas dengan tidak dimunculkannya fitur ini di seri iPhone 11.

Adapun fitur yang diharapkan hadir di iPhone 11 adalah USB type C (USB C). Hal tersebut diungkap oleh YouTuber Putu Reza dan Michael Josh (GadgetMatch).

Mereka berdua menyayangkan keputusan Apple mempertahankan untuk menggunakan Lightning, ketimbang mengadopsi USB C.

"USB Type-C adalah salah satu fitur yang gue dan pastinya ditunggu oleh banyak pengguna iPhone," jelas Reza.

"Kan di iPad Pro dia (Apple) memilih pakai USB C tuh, nah banyak yang menyangka itu adalah clue USB C akan hadir di iPhone 11. Nyatanya, masih pakai Lightning," sambungnya.

Ia menambahkan, hampir semua perangkat mobile saat ini memakai USB type C. Jadi kalau saat jalan-jalan hanya perlu membawa satu kabel saja, tidak perlu bawa banyak kabel.

"Jalan-jalan bawa iPhone dan Android itu berartikan harus bawa dua kabel berbeda, tapi kalau satu jadi lebih mudah tuh," ucap Reza memungkaskan. 

 

2 dari 3 halaman

Serupa dengan Putu Reza

Lebih lanjut, YouTuber teknologi asal Filipina, Michael Josh, pun berpendapat hal yang serupa tentang USB C di iPhone 11.

Josh mengatakan, "Sebagai tech reviewer, USB C itu jadi makin memudahkan. Soalnya saya lebih banyak pakai perangkat dengan port USB type C. Mungkin tahun depan."

"Tapi saya mengerti kenapa alasan Apple masih menunda kehadiran USB type C di seri iPhone. Mereka mungkin tidak ingin penggunanya marah karena semua aksesori yang mendukung kabel Lightning tidak bekerja," lanjutnya. 

Josh memberikan saran bagi pengguna iPhone lawas yang ingin ganti ke salah satu trio iPhone 11. 

"Saya rekomendasiin iPhone 11 untuk pengguna umum, bagi yang pro user dengan layar bagus, tiga kamera ya silahkan beli model iPhone 11 Pro."

(Ysl/Isk)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung dan Apple Digugat karena Smartphone Besutannya Beradiasi Tinggi
Artikel Selanjutnya
Bukan iPhone SE 2, Ini Nama Seri Murah Smartphone Apple?