Sukses

Google Perbarui Antarmuka Play Store, Begini Penampilannya

Liputan6.com, Jakarta - Usai melakukan uji coba terhadap sejumlah pengguna Android, Google akhirnya resmi memperkenalkan tampilan baru Play Store.

Antarmuka (user interface, UI) Play Store kini tampak lebih bersih dan terkesan premium, berdasarkan pada Material Design yang diungkap perusahaan saat Google I/O tahun lalu.

Perubahan pertama yang kami temukan adalah warna hijau action bar dihilangkan, kini semua UI Play Store didominasi warna putih.

Tampilan UI Google Play Store berubah menjadi lebih minimalis dan tampak premium. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tak hanya itu, tombol masing-masing menu--Games, Apps, Movies, dan Books--pun dipindah lokasinya ke bagian bawah aplikasi.

Jika diperhatikan, kamu kini tak lagi menemukan tombol tab Music.

Google juga melakukan pembaruan desain ikon aplikasi sehingga tampak lebih besar, khususnya untuk tombol instal.

Selain perubahan UI, Google tidak menambahkan sejumlah fitur baru ke dalam Play Store.

So, apakah UI Google Play Store kamu sudah yang baru?

Jangan panik, kamu bisa coba tutup aplikasi Google Play Store dan menunggu beberapa detik agar tampilan barunya aktif secara otomatis.

2 dari 2 halaman

Beli Aplikasi dan Gim di Play Store Pakai Gopay

Google Play Store. (Istimewa)

Dompet digital milik Gojek yaitu Gopay kini menjadi satu opsi alat pembayaran baru di Google Play Store.

Saat ini, terdapat sekitar 150 juta pengguna internet di Indonesia dan 90 persen di antaranya adalah pengguna smartphone. Sebanyak 91 persen pengguna smartphone di Indonesia menggunakan sistem operasi Android.

Dengan kehadiran Gopay di Google Play, pengguna Android di Indonesia ini bisa semakin mudah berbelanja aplikasi atau melakukan in-app purchase di Google Play tanpa menggunakan kartu kredit.

SVP Digital Product GoPay, Timothius Martin mengatakan, kerja sama antara Gopay dan Google Play ini merupakan kolaborasi Google Play yang pertama dengan platform uang elektronik di Indonesia.

Gopay akan melengkapi jenis opsi pembayaran di Google Play yang mana selama ini kartu kredit paling umum digunakan. Padahal, baru sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang memiliki kartu kredit.

"Di sini, kami ingin memberikan akses yang lebih mudah bagi mereka yang tidak punya kartu kredit agar tetap bisa menikmati berbagai aplikasi dan hiburan yang tersedia di Google Play," tutur Timothius, Selasa (30/9/2019).

(Ysl/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Pixel 4 Punya Warna Oh So Orange
Artikel Selanjutnya
Huawei Mate 30 Meluncur Tanpa Google Play Store