Sukses

Kacamata Spectacles 3 Dapat Unggah Foto dan Video Langsung ke Snapchat

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan induk jejaring sosial Snapchat, Snap, merilis perangkat sandang (wearable device) Spectacles versi baru.

Perangkat berbentuk kacamata itu memiliki fitur untuk mengambil foto dan video, yang dapat diunggah secara langsung ke platform Snapchat.

Mengutip Reuters, Rabu (14/8/2019), produksi Spectacles versi 3 ini akan lebih kecil ketimbang pendahulunya, mengingat kontribusi Spectacles terhadap perusahaan tidak begitu baik.

Di sisi lain, keputusan ini memungkinkan perusahaan untuk lebih bereksplorasi di bidang Augmented Reality (AR). Bidang ini, seperti kita ketahui, merupakan fokus utama perusahaan beberapa tahun belakangan ini.

Tidak berlebihan untuk menyebut Snapchat sebagai salah satu pionir yang menerapkan AR di jejaring sosial.

Soal harga, Spectacles 3 akan dibanderol USD 380. Bila dibandingkan dengan versi sebelumnya yang dibanderol USD 200, harganya melonjak hampir dua kali lipat.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Spectacles 3

Snap bakal meluncurkan Spectacles seri terbaru. (Doc: Endgadget)

Spectacles 3 akan memiliki dua kamera untuk mengatur kedalaman dan dimensi pada foto dan video.

Pengguna kemudian dapat menambahkan pengaturan cahaya, efek lanskap dan efek tiga dimensi setelah mengunggah foto atau video itu ke Snapchat.

Sejumlah fitur berbasis AR yang populer di Snapchat termasuk efek telinga anjing dan efek berganti jenis kelamin.

Adapun pengiriman Spectacles 3 akan dimulai pada musim gugur 2020.

3 dari 3 halaman

Snapchat Kantongi 203 Juta Pengguna

Spectacles, kacamata pintar besutan Snapchat dengan harga Rp 1,6 jutaan )Sumber: Business Insider)

Lebih lanjut, Snapchat baru saja mengumumkan pencapaian kuartal kedua 2019 pada Selasa (23/7/2019). Salah satu yang diumumkan jumlah pengguna tumbuh 8 persen dalam setahun terakhir menjadi 203 juta.

Kehadiran sejumlah tool AR baru, perubahan desain aplikasi Android dan ekspansi ke berbagai pasar baru, berhasil mendorong pertumbuhan Snapchat pada periode ini.

"Pertumbuhan di dalam komunitas, interaksi dan pendapatan kami merupakan hasil dari sejumlah transisi yang dilakukan selama delapan belas bulan terakhir. Kami berharap dapat membangun momentum kami dan membuat kemajuan signifikan berkelanjutan di setiap area," ungkap CEO Snapchat, Evan Spiegel, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (24/7/2019).

Pendapatan Snapchat tumbuh 49 persen pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan periode sama pada 2018, yakni menjadi USD 388 juta.

Pencapaian ini melelebihi ekspektasi Snapchat pada April lalu, yang memperkirakan pendapatan hanya akan tumbuh antara 28 dan 37 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan hasil berkisar antara USD 335 juta dan USD 360 juta. 

(Why/Ysl)

Loading