Sukses

Samsung Batalkan Proyek SmartphoneTanpa Tombol Fisik

Liputan6.com, Jakarta - Samsung membatalkan proyek smartphone layar penuh tanpa tombol fisik miliknya. Alih-alih tombol, Samsung bakal menghadirkan area yang sensitif terhadap tekanan.

Hal ini diungkapkan oleh leaker Ice Universe yang mengunggah ke akun media sosialnya. Mengutip laman MS Power User, Selasa (23/7/2019).

Ice Universe belum lama ini melaporkan, Samsung membatalkan proyek smartphone tanpa tombol ini setelah Huawei mengalami masalah dengan pemerintah Amerika Serikat.

Perangkat ini bukanlah Galaxy Note 10, melainkan disebut-sebut sebagai Project R6. Kabarnya, Project R6 merupakan smartphone yang masuk dalam seri Galaxy A.

Ice Universe menyebutkan, Project R6 bakal dibekali dengan prosesor Snapdragon 855 dari Qualcomm.

Sekadar informasi, beberapa bulan lalu, ada rumor yang menyebut Samsung tengah mengembangkan smartphone layar penuh dan tanpa satu pun tombol.

Pada saat bersamaan, Huawei merupakan kompetitor utama Samsung yang juga mengembangkan smartphone dengan layar penuh.

Huawei kabarnya akan menghadirkan desain layar tanpa bezel, namun menghadirkan waterdrop notch di perangkat Huawei Mate 30 Pro mendatang.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya Disangka Galaxy Note 10

Salah satu laporan terbaru mengenai Galaxy Note 10 berasal dari ETNews. Dalam laporan itu, Galaxy Note 10 disebut-sebut sebagai smartphone pertama Samsung tanpa tombol.

Smartphone ini tidak memiliki tombol fisik, baik untuk power, volume, termasuk Bixby. Jika laporan tersebut benar, ini akan membuat Samsung selangkah lebih dekat menghadirkan smartphone seamless.

Absennya tombol fisik membuat navigasi smartphone ini dipastikan memanfaatkan gestur atau sentuhan. Terlebih, ada laporan yang menyebut Samsung sudah mendaftarkan paten tentang teknologi untuk menggantikan fungsi tombol fisik.

Lebih lanjut sumber anonim itu menuturkan, Samsung juga memiliki rencana untuk memboyong desain tanpa tombol ini ke perangkat yang lebih rendah, seperti Galaxy A.

Namun, besar kemungkinan teknologi ini baru diadaptasi usai Galaxy Note 10 dirilis. Samsung sendiri disebut-sebut masih mempertahankan jadwal peluncuran seri Galaxy Note seperti biasa.

Oleh sebab itu, besar kemungkinan smartphone ini akan diperkenalkan pada Agustus 2019.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Umumkan Galaxy A30s dan Galaxy A50s
Artikel Selanjutnya
Tukar iPhone ke Galaxy Note 10 Cukup Tambah Rp 800 Ribuan