Sukses

Keren, Aplikasi Smartphone Ini Bisa Mendiagnosis Infeksi Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kini tak lagi berfungsi sebagai perangkat pintar yang bisa melakukan panggilan telepon, mengirim email, memutar video dan musik, atau sekadar untuk browsing.

Kini, smartphone juga dimanfaatkan sebagai perangkat yang dapat digunakan pada industri kesehatan, mulai dari perangkat ultrasound scanner hingga perangkat yang dapat membantu mendeteksi Alzheimer.

Terbaru, ilmuwan mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit infeksi telinga pada manusia--khususnya anak-anak. 

Uniknya, aplikasi ini disertai perangkat berupa kertas cone yang dapat dimasukkan ke dalam telinga.

Aplikasi ini tentu diklaim bisa membantu orangtua yang ingin mengecek kondisi telinga anaknya jika ada keluhan terkait pada pendengaran mereka.

Dengan memanfaatkan speaker smartphone, kertas cone tersebut akan menyalurkan suara yang dihasilkan dari aplikasi.

Suara tersebut, akan didengar telinga dan akan mendeteksi jika ada cairan di dalam gendang pendengaran. Demikian seperti dikutip Ubergizmo pada Minggu (26/5/2019).

 

2 dari 3 halaman

85 Persen Akurat

Sejauh ini, aplikasi ini sudah diuji ke lebih dari 50 anak-anak. Hasil dari pengujian membuktikan kalau 85 persen aplikasi dapat bekerja secara akurat.

Sementara, sisa dari pengujian mengungkap kalau deteksi cairan di dekat gendang pendengar belum menjadi penentu indikasi infeksi telinga.

Aplikasi ini belum diluncurkan secara resmi oleh pengembang. Jika pengujian sudah terbukti akurat 100 persen, kemungkinan aplikasi baru hanya akan digunakan terbatas di dunia medis.

(Jek/Isk)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading