Sukses

NASA Bakal Bangun Dinding Raksasa di Mars, Untuk Apa?

Seperti diketahui, Mars merupakan planet yang permukaannya tandus dan memiliki atmosfer yang tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung inisiasi NASA untuk mengkolinisasi Mars, sekelompok ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat ini berencana menciptakan dinding magnet raksasa.

Hal ini tujuannya untuk bisa membangun kembali lapisan atmosfer Planet Merah tersebut agar layak huni.

Seperti diketahui, Mars merupakan planet yang permukaannya tandus dan memiliki atmosfer yang tipis.

Namun, peneliti percaya bahwa planet tersebut bisa 'direkayasa' dengan cara membangun dinding magnet di lapisan atmosfer. Mereka menyebutnya dengan nama "magnetosphere".

Dinding magnet berfungsi untuk melindungi planet dari radiasi partikel solar dan kosmik.

Selain itu, ia juga berperan untuk menciptakan efek rumah kaca yang mampu menghasilkan cairan yang turun ke permukaan tanah planet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Magnetosphere Menipis

Berdasarkan analisis peneliti, Mars sebetulnya sudah memiliki magnetosphere, tetapi menipis dan menghilang sejak tiga miliar tahun lalu.

"Atmosfer tebal yang ada di planet perlahan memudar karena diterpa badai matahari. akibatnya, kandungan air yang ada di atmofer menguap dan sisanya membeku," kata seorang peneliti seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Mirror.

3 dari 3 halaman

Menciptakan Dua Kutub

Dinding tersebut juga akan menciptakan dua 'kutub' yang nantinya akan menciptakan sirkuit elektrik yang dapat menghasilkan area magnet buatan.

Nanti, setelah bertahun-tahun Mars baru bisa membangun kembali lapisan atmosfernya secara perlahan.

Saat ini, rencana tersebut masih tertuang dalam proposal Planetary Science Vision 2050 Workshop. Jadi ada kemungkinan rencana ini baru bisa diaplikasikan pada 2050 mendatang.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.