Sukses

Seberapa Cepat Koneksi Internet Kamu Agar Bisa Main Gim di Google Stadia?

Liputan6.com, Jakarta - Bertempat di Game Developer Conference (GDC) 2019, Google mengungkap layanan streaming gim berbasis cloud buatannya, yakni Stadia.

Menjanjikan pengalaman bermain gim kelas atas yang lebih fleksibel--bisa perangkat apapun--tanpa ada penurunan grafis, Stadia mampu memukau gamer dunia.

Meski terlihat menakjubkan dan menjanjikan pengalaman bermain gim yang lebih bebas, masih ada beberapa pertanyaan besar tentang layanan streaming gim milik Google tersebut.

Salah satu pertanyaan terbesar adalah seberapa cepat koneksi internet yang dibutuhkan agar dapat bisa bermain gim di Google Stadia.

"Kecepatan internet yang dibutuhkan untuk memainkan gim di Google Stadia pada resolusi 1080p/60fps adalah 25 megabit per second," ucap Google VP, Phil Harrison, sebagaimana dikutip dari Gamerant, Jumat (22/3/2019).

"Gamer dapat bermain gim di Stadia dengan kecepatan internet yang lebih kecil dari itu, namun 25 megabit memang rekomendasi kita."

 

2 dari 3 halaman

Beda dari Konsol Gim Konvensional

sumber: google.com

Lebih lanjut, syarat kecepatan internet untuk bisa bermain Google Stadia dapat menjadi layanan streaming gim berbasis cloud itu lebih unggul ketimbang konsol gim generasi berikutnya.

Akan tetapi, Sony dan Microsoft sendiri dikabarkan bakal menawarkan layanan streaming gim yang lebih baik--dari sekarang--ke konsol PS5 dan Xbox terbaru.

Karena masih menggunakan perangkat konsol, baik gamer setia Sony atau Microsoft pun dapat bermain gim yang dibeli secara offline.

Dengan kemampuan ini, tentunya gamer yang tidak memiliki koneksi internet stabil bakal lebih memilih konsol konvensional ketimbang Stadia yang butuh kecepatan yang stabil.

 

3 dari 3 halaman

Kendala Lain Main Google Stadia

Google Stadia resmi diungkap. (Doc: Stadia)

Kendala lain yang pasti menjadi pertimbangan gamer di beberapa negara di dunia adalah batas kuota internet yang ditawarkan ISP (Internet Service Provider).

Seperti yang sudah kamu ketahui, beberapa layanan ISP memiliki batasan berapa banyak data yang dikonsumsi pengguna setiap harinya.

Namun, karena teknologi semakin berkembang dan banyak negara yang mulai mengadopsi internet berkecepatan tinggi, tampaknya Google Stadia bakal menjadi sebuah pilihan utama untuk bermain gim di masa depan.

Google Stadia akan diluncurkan pada 2019.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Didenda Rp 23,9 Triliun di Uni Eropa Gara-Gara Monopoli Iklan
Artikel Selanjutnya
7 Fungsi Google Drive, Tak Hanya Sekadar Menyimpan File