Sukses

Cara Membuat Halaman di Word dengan Mudah, Tak Perlu Diketik Manual

Liputan6.com, Jakarta Microsoft Word adalah sebuah software (perangkat lunak) atau program pengolah data baik berupa huruf ataupun angka yang sering digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan tulis menulis.

Nah, salah satu hal yang biasanya dikerjakan dengan menggunakan Word adalah penulisan karya ilmiah dan sejenisnya. Saat mengerjakan ini hampir semua orang menggunakan Word. Penggunaan Word ini biasanya dipakai oleh para siswa atau mahasiswa yang mendapatkan tugas mengerjakan tugas, seperti skripsi.

Menyusun sebuah karya ilmiah memang terlihat mudah, saat kamu mampu menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Word dengan baik. Salah satunya adalah pemberian nomor halaman karya ilmiah yang disusun.

Ya, seperti yang diketahui, penulisan karya ilmiah berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi, atau sejenis karya ilmiah lainnya tentu saja kamu perlu dan harus menambahkan nomor halaman. Pemberian nomor halaman yang digunakan tidak terbatas pada satu format saja.

Misalnya saja untuk memindahkan halaman judul atau cover, halaman daftar isi yang menggunakan nomor romawi, dan juga memisahkan halaman lain yang berisi konten dan judul bab, serta daftar pustaka.

Pada kejadian seperti ini, tak jarang orang justru membuat file dokumen yang berbeda di setiap format halaman tersebut. Ada juga yang membuat halaman dengan cara manual dengan menggunakan text box, jadi tak menggunakan fitur halaman otomatis yang telah disediakan oleh Microsoft Word. Ya, hal ini akan membuat kamu menjadi repot dan rumit.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini dan mempercepat penyelesaian pekerjaan, kamu bisa mencoba cara membuat halaman di Word.

Kali ini Liputan6.com, Jumat (1/3/2019) telah merangkum beberapa cara membuat halaman di Word yang bisa kamu terapkan. Dikutip dari berbagai sumber, begini cara membuat halaman di Word.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Halaman di Word

Microsoft Word memiliki sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk membagi dokumen Word menjadi ke beberapa bagian sesuai dengan yang kamu butuhkan. Fitur tersebut disebut Section. Manfaat saat kamu menggunakan fitur ini adalah bisa membuat format halaman berbeda melalui Word.

Cara membuat halaman di Word ini untuk membuat halaman yang berbeda di Word pada penyusunan sebuah karya ilmiah, yang dimulai dari bagian sampul hingga lampiran. Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh pekerjaan karya ilmiahmu yang ingin diberi halaman.

 

3 dari 5 halaman

Tahap Pertama Membuat Halaman di Microsoft Word

Bagian pertama, dimulai dari bagian sampul dan halaman pengantar seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain-lain. Untuk mengatur halaman ini, silakan kamu klik bagian Insert > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2. Pengaturan bagian ini berfungsi untuk memberikan halaman dan meletakkannya di tengah bawah.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan dari yang sebelumnya tadi adalah menghilangkan nomor halaman pada sampul. Kamu bisa klik Insert > Header > Edit Header.

Maka dari situ akan ditampilkan tab Design, silakan centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul. Setelah itu hapus nomor halaman yang terdapat pada halaman sampul. Kemudian klik Close Header and Footer.

Kalau halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, kamu bisa klik Insert > Page Number > Format Page Numbers. Kemudian pada jendela Page Number Format ubah Number format menjadi I, ii, iii, dan seterusnya. Ubah at: menjadi i. Setelah itu klik Ok untuk menyimpan perubahan.

4 dari 5 halaman

Tahap Kedua Membuat Halaman di Microsoft Word

Selanjutnya kamu juga perlu mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Pada bagain ini akan menggunakan format nomor halaman yang berbeda dari sebelumnya. Kalau sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, sedangkan yang ini menggunakan nomor numerik biasa.

Umumnya pemberian nomor halaman pada isi konten ada pembagian yang berbeda. Contohnya untuk judul bab posisinya akan diletakkan di tengah bawah, dan isi bab diletakkan di kanan atas.

Cara membuat halaman di Word ini, pertama-tama kamu perlu membuat Section baru. Karena kalau kamu tidak membuat Section baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut terubah. Nah, untuk membuat section baru, kamu bisa klik pada halaman judul bab pertama, kemudian klik Page Layout > Breaks > Continous.

Selanjutnya kamu perlu menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya. Hal ini dilakukan guna agar halaman berbeda dari yang sebelumnya.

Maka posisi hanya akan berlaku pada section itu saja dan tidak berlaku pada untuk section sebelumnya. Cara menghapus keterkaitannya adalah dengan klik Insert > Header > Edit Header.

Kemudian kamu akan dialihkan ke Tab Design, di sini kamu bisa klik Link to Previous jika tombol tersebut dalam keadaan aktif untuk menonaktifkannya, sehingga background tersebut menjadi putih. Untuk cara menambahkan halaman di Word klik Page Number > Top of Page > Plain Number 3.

Halaman yang dibuat ini terletak pada kanan atas semua. Sementara kamu membutuhkan halaman judul bab berada di tengah bawah. Untuk itu, kamu perlu melakukan langkah tambahan.

Masih di tab Design, centang Different First Page. Hapus nomor halaman yang ada pada kanan atas dari halaman judul bab tersebut. Selanjutnya klik Page Number > Bottom of page > Page Number 2.

Lakukan hal ini untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Bedanya kamu harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya.

Silakan klik pada halaman bab 2 dan seterusnya kemudian klik Insert > Page Number > Format Page Number. Pada jendela Page Number Format, klik Continue from previous section, kemudian OK.

5 dari 5 halaman

Tahap Ketiga Membuat Halaman di Microsoft Word

Langkah terakhir adalah cara membuat halaman di Word untuk Daftar Pustaka dan Lampiran. Cara membuat halaman di Word bagian ini sama dengan yang sebelumnya. Kamu perlu membuat section baru terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini